Pengaruh Aplikasi SeTARA Daring Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Malang

Siti Aisyah, Edi Widianto

Abstract


SPNF SKB Kota Malang merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal yang terdapat program pendidikan kesetaraan salah satunya adalah Paket C. Pendidikan kesetaraan Paket C memanfaatkan media pembelajaran yaitu aplikasi seTARA daring. Penting adanya motivasi belajar pada peserta didik yang mana dapat menumbuhkan semangat dan keinginan yang besar untuk melakukan kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan motivasi belajar Paket C, mendeskripsikan aplikasi seTARA daring serta menganalisis apakah terdapat pengaruh antara seTARA daring dengan motivasi belajar Paket C. Kuantitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun populasi yang berjumlah 88 orang yang merupakan peserta didik Paket C di SPNF SKB Kota Malang. Penentuan jumlah sampel dengan cara propotional stratified random sampling.  Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa aplikasi seTARA daring mempengaruhi secara positif terhadap motivasi belajar peserta didik Paket C yakni sebesar 50,9% dan memiliki kategori sedang. Dari penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan semakin tinggi kualitas konten pada aplikasi seTARA daring, maka semakin meningkat pula motivasi belajar pada peserta didik program kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Malang.


Full Text:

PDF

References


Abubakar, I., Gina, G., & Wibowo, C. (2014). Pengaruh Transformasi Sistem E-Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Wikrama Di Kota Bogor. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 12(2), 245374. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/download/8654/pdf

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 12, 8–12.

A.M, Sardiman. (2014), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakrta: Rajawali Pers.

Aminatun, S. (2020). Pengaruh E-learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Program Kejar Paket C Di PKBM Pioneer Karanganyar. Universitas Negeri Semarang, 1–81. https://lib.unnes.ac.id/38494/1/1201416083.pdf

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Daring, T. S. (2019). Manual Setara Daring Tutor. Direktorat Pendidikan Kesetaraan, 53(9), 1689–1699.

Darmawati, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90

Gata, G. (2016). Penggunaan Technology Acceptance Model Dalam Kajian E-Learning Dari Sudut Pandang Pengguna (Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur). Jurnal Ilmiah FIFO, 8(1), 33. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i1.1298

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Haryati, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Ipa Kelas V Min 1 Kota Surabaya.

Jati, P. T. L., & Rivo, N. (2021). Jurnal Pendidikan Untuk Semua. 5(1), 24–37.

Khatimi, H. (2006). Megenal E-Learning Sebagai Salah Satu Bentuk Kegiatan Pembelajaran. 7(2), 72–81.

Laksono, G. G. R., & Raden Sulaiman. (2019). Efektivitas Pembelajaran Di Setara Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Gadang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 59–66. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Abstract Readiness to learn is the most important factor in determining student success in learning . In fact encountered many students have not the readiness to learn like this out in the study , li. 2(1), 27–31.

Murtiningrum, T. T., Ashadi, A. T., & Mulyani, S. (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kreativitas Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 2(03). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9804

Nugraheni, A. R. E., & Dina, D. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran E-Learning Terhadap Kemandirian Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Wawasan Dan Kajian Mipa. Edusains, 9(1), 111–116. https://doi.org/10.15408/es.v9i1.5458

Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Wajib Belajar 9 Tahun

Pratama, F. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. 7(2), 305–312.

Rimbarizki, R., & Susilo, H. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( Pkbm ) Pioneer Karanganyar Rimbun Rimbarizki. E-Journal UNESA, 1–12.

Sobon, K., Mangundap, J. M., & Walewangko, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.38

Solina, W., Erlamsyah, E., & Syahniar, S. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Disekolah. Konselor, 2(1), 289–294. https://doi.org/10.24036/02013211247-0-00

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sucipto, Wiyono, B. B., Rasyad, A., Dayati, U., & Purwito, L. (2021). The contribution of individual characteristics of managers to the success of equivalency education programs of the community learning center in indonesia. Sustainability (Switzerland), 13(19). https://doi.org/10.3390/su131911001

Widianto, E., Shafia, A. B., Sari, M. A., Muhibbatin, N., & Matul, N. (2021). Peran Pembelajaran Daring bagi Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Role of Online Learning for Learners of Equality Education Programs in Implementing Distance Learning. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 24–30. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v4i2.35654

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.