Pengaruh Pembuatan Tikar Pandan Bermotif Terhadap Peningkatan Pendapatan Para Ibu Rumah Tangga Di Batubara

Anisa Riswana, Rosdiana Rosdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Adakah pengaruh pembuatan tikar pandan bermotif terhadap  peningkatan pendapatan para ibu rumah tangga di Batubara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dalam pembuatan tikar pandan bermotif terhadap peningkatan pendapatan para ibu rumah tangga di Batubara. Adapun besar pengaruhnya yaitu 92.8 % sedangkan 7,2 % lainnya disumbangkan oleh variabel lain di luar penelitian, dengan kata lain pendapatan para ibu rumah tangga di Batubara yang bekerja sebagai pengrajin anyaman tikar meningkat atau bertambah dari biasanya yang hanya menjual tikar polos tanpa warna adan tanpa motif.

Full Text:

PDF

References


Alen, W. (2020). Kebijakan Revitalisasi Pesisir Pangandaran Sebagai Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Pananjung Kabupaten Pangandaran (Analisis Pembangunan Ekonomi Islam) Winci Alen Nim. 1617201086 (Doctoral dissertation, IAIN).

Al Faruq, U., & Esa, P. P. N. (2018). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga pada Sektor Ekonomi Informal untuk Meningkatkan Family Welfare: Studi pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Serua Indah Kecamatan Ciputat yang Bekerja sebagai Pedagang Busana. Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis, 3(1).

Argo, M. S., Tasik, F., & Goni, S. Y. (2021). Peningkatan Pendapatan Kesejahteraan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Penjual Makanan Di Kawasan Boulevard II Kelurahan Sindulang Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado). JURNAL ILMIAH SOCIETY, 1(1).

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arianto, Agus, (2004) Statistik Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia.

Angin, D. A. K. P. (2021). Pengaplikasian Teknik Anyaman Pada Busana Muslim Bergaya Casual Sporty. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 8(3).

Evawarni. (2008). Kerajinan Anyaman Pandan Jambi. Dapertemen Kebudayaan dan Pariwisata Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjung Pinang : Tanjung Pinang

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro

Haryanto, S. (2008). Peran Aktif Wanita dalam Peningkatan pendapatan Rumah Tangga Miskin: Studi Kasus pada Wanita Pemecah Batu di Pucanganak Kecamatan Tugu Trenggalek. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 9(2), 216-227.

Inayati, N. (2019). Peran home industri dalam peningkatan pendapatan ibu rumah tangga: study kasus di home industri EL-Lisa Hijab Desa Pendosawalan Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Indrawati, A. S. M. (2021). Perbandingan Nilai Usaha Dengan Pendekatan Fisiebility Study Bisnis Antara Produksi Tikar Pandan Dan Tikar Lopak Di Dusun Lengkok Lendang Desa Tembeng Putek (Doctoral dissertation, Universitas Gunung Rinjani).

Irwan, M., Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Bayfa Cendekia Indonesia.

Jasmine Fitria, P. (2020). Perkembangan Kerajinan Tradisional Lacquer Di Jepang (Doctoral dissertation, Universitas Darma Persada).

Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Novie, N. A. W. (2019). Pengaruh Ibu Rumah Tangga Bekerja Terhadap Kesejahteraan Keluarga Di Kecamatan Jatinangor Yang Bekerja Di Pt. Kahatex Rancaekek Kabupaten Sumedang (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Rosdiana, R., & Lestari, A. (2020). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Di Taman Kanak-Kanak Generasi Amanah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Journal of Millennial Community, 2(2), 71-76.

Sugiyono.(2013).Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v4i2.36172

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.