Analisis Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo

Nasriah Nasriah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan gadget anak usia 5-6 tahun di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo dan bagaimana penggunaan gadget sebagai sumber belajar anak usia 5-6 tahun di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo. Subjek penelitian terdiri dari 8 anak usia 5-6 tahun di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo yang menggunakan gadget dan orang tua dari anak tersebut. Pemilihan subjek dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling, non probability. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadgetoleh anak usia 5-6 tahun di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian. Pertama anak yang menggunakan gadget selama 3 jam perhari diluar jam belajar dengan tujuan sekolah dan kedua anak yang menggunakan gadget 5 jam perhari diluar jam belajar dengan tujuan sekolah. Hasil yang ditemukan dari penggunaan gadget sebagai sumber belajartersebut, antara lain yaitu dapat menambah pengetahuan anak, melatih kreativitas, beradaptasi dengan jaman, dan berkembangnya imajinasi anak.Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi orang tua untuk dapat mencari alternatif lain agar anak memiliki kesibukan tersendiri saat dirumah selain menggunakan gadget yang berlebihan.


Full Text:

PDF

References


Fadillah, M. (2016). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Ponorogo: Kencana.

Farid Ahmadi. (2017). Guru SD Di Era Digital. Semarang: Pilar Nusantara.

Irwan, M., Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Bayfa Cendekia Indonesia.

Kusuma, Arum, dkk. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 84-92.

Nanang Sahriana. (2019). PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK. JURNAL Smart PAUD, 60-66.

Rahman, Habibu. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini . Tasikmalaya: Edu Publisher.

Sunita, Indian, dkk. (2018). PENGAWASAN ORANGTUA TERHADAP DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK. Jurnal Endurance, 510-514.

Wulansari, Nyi Mas Diane. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya. Jakarta: Visi Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v4i2.37200

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.