Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Masa Pembelajaran Daring di Kecamatan Kota Soe, Nusa Tenggara Timur

Nirwaning Makleat, Melifera Yani Makleat

Abstract


Peran pendampingan terhadap anak usia dini tidak hanya menjadi tanggung jawab pendidik tetapi juga orang tua. Hal ini disebabkan karena anak usia dini masih sangat “bergantung” pada lingkup pendidikan informal dan waktu anak lebih banyak berada dalam konteks lingkungan nonformal.  Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran orang tua dalam pembelajaran anak usia dini selama masa pembelajaran daring, khususnya di Kecamatan Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi untuk menjamin keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua telah berperan dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi anak. Penciptaan suasana belajar tidak hanya dilakukan melalui pelibatan semua anggota keluarga dalam mendampingi anak tetapi juga melalui kegiatan belajar di luar ruangan. Pada pihak lain, orang tua juga menggunakan metode bermain menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar anak serta permainan-permainan tradisional untuk menstimulasi perkembangan anak secara holistik.


Full Text:

PDF

References


Comer, James P. & Norris Haynes. 1997. The Home School Team. (Online). (http://www.edutopia.org/home-school-team diakses pada 25 Oktober 2022 pkl 16.00 WITA)

Lilawati, A. 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 549-558, (Online), https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759 Diakses pada 26 Maret 2022 pukul 10.34 WITA

Masitoh, Ocih Setiasih, & Heny Djoehaeni. (2005). Pendekatan Belajar

Aktif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasioanl Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6 (2), 109-119. (Online), https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759 Diakses pada 26 Maret 2022 pukul 10.00 WITA

Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas): Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. 2022. Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, (Online), https://covid19.go.id/ Diakses pada 26 Maret 2022 pukul 04.54 WITA

Slamet Suyanto. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v5i1.39488

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.