The Relationship of Andragogy Competence With Tutor Teaching Skills (Study On Equality Education Program at PKBM Cerdik and PKBM Harapan Baru)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwa. (2010). Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdi, Asep Saepul, dan E. Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.
Kartono, K. &. (1992). Pengantar ilmu pendidikan teoritis: apakah pendidikan masih diperlukan? Bandung: Mandar Maju.
Knowles, Malcolm et-al. (2005). The Adult Learner Sixth Edition. California: Elsevier.
Marno dan Idris. (2008). Strategi dan Model Pengajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media
Marzuki, Saleh. (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sarwono, Jonathan dan Hendra Nur Salim. (2016). Prosedur-Prosedur Populer Statistik Untuk Analisis Data Riset Skripsi. Yogyakarta: Gava Media.
Shoffa, Shoffan. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Microteaching. Surabaya: Mavendra Pers.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Sujarwo. (2015). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Suprapto, Haddy. (2017). Metodologi Penelitian Untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Winarti, A. (2019). Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Bandung: CV. Alfabeta.
Yani, Ahmad. (2013). 12 Keterampilan Dasar Mengajar. Bandung: CV. Pringgandani.
Andina, E. (2018). Efektivitas pengukuran kompetensi guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204-220.
Arsana, I. K. S. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282.
Budiwan, Jauhan. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 10(02).
DH, I. K. (2012). Kinerja Pendidikan Kesetaraan Sebagai Salah Satu Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1), 65-84.
Hakim, A. D. J. (2016). Hubungan Antara Kompetensi Andragogi Tutor dan Hasil Belajar Warga belajar Pelatihan Teknik Listrik Industri di UPT Pelatihan Kerja/BLK Surabaya. J+ PLUS UNESA, 5(2).
Hiryanto, H. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65-71.
Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266.
Ichsan, M. A., Meilya, I. R., & Djumena, I. (2019). Kontribusi Kompetensi Andragogi Pamong Belajar Terhadap Hasil Belajar Kesetaraan Paket C. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(1).
Irwan, M., Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Bayfa Cendekia Indonesia.
Kamilah, E. N. (2014). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Muharam, Agung, Mega Silpia Agustin Mega, Nurtaqiyah Nurtaqiyah, & Bayu Adi Laksono. "Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Siliwangi." Journal of Millennial Community [Online], 5.2 (2023): 89-102.
Nainggolan, E., & Irwan, M. (2018). Identification of Non-Education Tutors Difficulty In Education Process Of Learning Study Groups. Journal of Nonformal Education, 4(2), 161-168.
Peterson, C., M. & Ray, C., M. (2013). Andragogy and Metagogy: The Evolution of Neologism. Journal of Adult Education, Vol. 42, No. 2, page: 80- 85.
Rahman, M. (2014). Pengembangan Model On The Job Training Berbasis Andragogi untuk Peningkatan Kompetensi Pendidik Anak Usia Dini Nonformal. DISERTASI, 5(247).
Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam memfasilitasi masyarakat belajar sepanjang hayat. Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 67-76.
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2018). Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Dan Kesiapan Mengajar (Survey pada Mahasiswa FKIP Semester Genap TA 2017/2018). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 15(02), 51-60.
Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156-168.
Wahyulestari, M. R. D. (2018, July). Ketrampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v6i1.41022
Article Metrics
Abstract view : 134 timesPDF - 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.