Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pemahaman Materi Pendidikan Pranikah Terhadap Kemampuan Pembangunan Ketahanan Keluarga Masyarakat Kota Medan

Siti Aisyah, Annisa Utami Wallad, Entoh Tohani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman materi pendidikan pranikah terhadap kemampuan pembangunan ketahanan keluarga masyarakat Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan empiris. Desain penelitian yang digunakan adalah model ex-post facto. Jumlah sampel penelitian yang digunakan sebanyak 50 orang dengan tingkat pendidikan berbeda dan sudah mendapatkan pendidikan pranikah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket penelitian melalui G-form. Penelitian ini menggunakan uji two-way ANOVA, menggunakan skala linkert sebagai tahap analisis data secara mendalam dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pembangunan ketahanan keluarga masyarakat Kota Medan; 2) tingkat pemahaman materi pendidikan pranikah berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pembangunan ketahanan keluarga masyarakat Kota Medan; dan 3) tingkat pendidikan dan pemahaman materi pendidikan pranikah secara bersama-sama berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kemampuan pembangunan ketahanan keluarga masyarakat Kota Medan.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2016, Pembangunan Ketahanan Keluarga 2016, Jakarta: BPS.

Hamid, A, 2008, Panduan Lengkap Menikah Islam, Jakarta: Maroon.

Helda, dkk, 2022, Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Resiliensi Keluarga Penderita Stroke Iskemik Pertama di RS Otak Dr.Drs.M.Hatta (RSOMH) Bukittinggi 2022, Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, Vol. 6: 1 (13-20).

Ibnu, H, F, dan Pulungan, R, 2022, Analisis Penggunaan Umpasa dalam Pesta Perkawinan Adat Masyarakat Batak Toba dalam Perspektif Pendidikan Masyarakat, Journal of Millennial Community, Vol. 4: 2 (112-124).

Imelda, S, M dan Nasriah, 2019, Hubungan Tingkat Pendidikan Pasangan Usia Subur (15-49 Tahun) dengan Keberhasilan Program Keluarga Berencana, Journal of Millennial Community, Vol. 1: 2 (51-56).

Indriyani, dkk, 2020, Bagaimana Kreativitas dan Keaktifan Mahasiswa Mempengaruhi Pemahaman Materi Abstrak Matematika Malalui E-Learning, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Vol. 4: 2 (112-131).

Isnaeni, M, 2016, Hukum Perkawinan Indonesia, Bandung: Refika Aditama.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2022, Angka Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan, Jakarta: KemenPPPA.

Makleat, N, 2020, Tradisi Okomama sebagai Media Penyelesaian Masalah Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kecamatan Kota Soe, Nusa Tenggara Timur, Journal of Millennial Community, Vol. 2: 2 (53-56).

Nizar, A, 2021, Hubungan Tingkat Pemahaman Materi Pendidikan Pranikah Terhadap Kemampuan Pengembangan Ketahanan Keluarga Alumni Klinik Nikah Indonesia, Malang: Universitas Negeri Malang.

Pengadilan Agama Kota Medan, 2022, Perceraian Akibat Kekerasan, Medan: Pengadilan Agama.

Sari, N, S, 2022, Peran Pendidkan Pranikah dalam Membangun Kesiapan Menikah dan Membentuk Keluarga Sakinan di Lembaga Klinik Nikah “Klik” Cabang Kota Medan, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Walgito, B, 2010, Bimbingan dan Konseling Perkawinan, Yogyakarta: Andi Offset.

Wardani, L, 2019, Motivasi Peserta dalam Mengikuti Pendidikan Pranikah di Klinik Nikah Medan, Medan: UINSU.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v5i2.44224

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.