DAMPAK IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI WILAYAH 3T INDONESIA
Abstract
Pendidikan adalah salah satu hal yang fundamental dan telah menjadi kebutuhan bagi seluruh masyarakat. Ketiadaan akses informasi dan teknologi untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman menjadikan mereka tertinggal dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah akses terhadap pendidikan.Program Kampus Mengajar yang diluncurkan Kemdikbud diharapkan akan menjadi salah satu solusi terkait permasalahan keterbatasan akses pendidikan di wilayah 3T. Penelitian mengenai dampak dari implementasi Merdeka Belajar Program Kampus Mengajar di Wilayah 3T dimana program Kampus Mengajar telah dilaksanakan dari tahun 2021 sampai tahun 2022 ini sudah memasuki Angkatan ke-4. Jenis Penelitian adaah Literatur Review. Teknik Pengumpulan data wawancara dengan teknik kepada 10 di anggap cocok untuk dijadikan Narasumber, Pengumpulan data juga dengan mengumpulkan berbagai literatur yang sesuai baik dalam bentuk teks tertulis maupun soft copy. Data dianalisis dan di reduksi dari berbagai informasi yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian ada 2 dampak dari Implementasi kamppus mengajar yaitu Dampak Positif dan Dampak Negatif.
Full Text:
PDFReferences
Ali Zaenudin, (2022), “Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus: Sdn 17 Palu)”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, Vol. 1, No. 2, Pp. 77-84.
Arismunandar, Dkk., (2021), Isu Teori Dan Inovasi Pendidikan, Banyumas: Cv Pena Persada.
Didimus Sutanto B. Prasetya, Dkk., (2022), “Peran Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Pelaksanaan Merdeka Belajar Pada Masa Pandemi Di Daerah 3t The Role Of The Principal In Optimizing The Implementation Of Free Learning During The Pandemic Period In The 3t Region”, Didaxei, Vol.3, No. 1, Pp. 2797-2488
Eliya Ixsir, (2021), “Strategi Peningkatan Sdm Unggul Berdaya Saing Selama Pandemi”, Tulungagung: Akademia Pustaka.
Erna Mulyati,Dkk., (2021), “Endampingan Sekolah Dasar Negeri 2
Hegarmanah Melalui Program Kampus Mengajar Di Kabupaten Garut Jawa Barat”, Jurnal Merpati, Vol.3 No. 1, pp. 2747-2345.
Firdaus Firdayanti, Septiady Adryan. (2021), Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasidi Sekolah 3t (Tertinggal, Terluar, Terdepan)Di Masapandemi Covid-19 Melalui Program Kampus Mengajar, Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, Vol. 1, No. 2, Pp. 2797-9709.
Itasari Endah Rantau, (2020),Hak Pendidikan Di Wilayah Perbatasan Dalam Kerangka Konstitusi Republik Indonesia, Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.Vol. 2, No. 1, 2656-9639
Kampus Merdeka, (2021),”Apa itu Kampus Mengajar?https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/enus/articles/4418812047897-Apa-itu-Kampus-Mengajar-, diakses pada tanggal 10 Oktober tahun 2022
Kemdikbud, (2021), “ Mengenal Lebih Dekat Program Kampus Mengajar”, https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/mengenal-lebih-dekat-programkampus-mengajar, diakses pada tanggal 10 Oktober taun 2022.
Kemendikbud, 2021 ,” Buku Saku Pendidikan Layanan Khusus: Seri 4 : Pendidikan Bagi Anak Di Daerah 3t. Jakarta: Kemendikbud.
Made Martini, Dkk., (2021), Membangun Pembelajaran Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Di Pendidikan Tinggi, Bandung: Cv Media Sains Indonesia.
Mustaghfiroh, Siti, (2020), Konsep ‘ Merdeka Belajar ’ Perspektif Aliran Progresivisme Jhon Dewey.‛ Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, vol. 3, No. 1
Putera Muhammad Tommy Fimi, Rhussary Margaertha Lassni, (2018), “Peningkatan
Mutu Pendidikan Daerah 3t (Terdepan,Terpencil Dan Tertinggal) Di Kabupaten Mahakam Hulu”, Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, Vol. 12, No. 2. pp. 1907-8439.
Putrianti Noti, Purwanti Popi, (2022), “Implementasi Merdeka Belajar Program
Kampus Mengajar Angkatan 1 Di Sd Negeri 184/Vi Talang Tembago Ii”,Prosiding Seminar Nasional Sains, Vol. 3, No. 1
Sastrawijaya, Dkk., (2021), Kampus Merdeka & Inovasi Pendidikan: Peluang Dan Tantangan Di Era 4.0, Serang: Desannta Muliavisitama.
Shabrina Livia Mutiara, (2022),”Kegiatan Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 1, Pp. 2580-3735.
Susilawati, Dkk., (2022), “Program Membantu Proses Pembelajaran Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Di Sdn Rentung.”, Jurnal Ilmiah Kuliah Kerja Nyata, Vol. X, No. X, pp. 2808-7569.
Valentiana Cita Marsha. (2021), “Merealisasikan Peran Mahasiswa Di Bidang Pendidikan Melalui Program Kampus Mengajar Di Sd Pelita Bangsa Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19”. Seminar Nasional Patriot Mengabdi I Tahun 2021 Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya: Universitas 17 Agustus 194
DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v11i2.51703
Article Metrics
Abstract view : 135 timesPDF - 51 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index