STUDI LITERATUR: URGENSI KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK ERUPSI SINABUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Erupsi (letusan) gunung api merupakan salah satu bencana alam yang membawa korban cukup banyak. Subjek penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Informasi dalam penelitian ini diambil dari Petugas BNPB, Petugas komunitas lokal, dan anggota masyarakat korban bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi keadaan masyarakat yang terkena letusan Gunung Sinabung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akibat dari erupsi Sinabung adalah masalah yang terkait dalam bidang pendidikan anak-anak. Hal ini disebabkan oleh rusaknya bangunan sekolah dan fasilitas sekolah yang tidak dapat digunakan lagi. Melihat dari hal tersebut maka diperlukan penanganan dari pihak pemerintah dalam mengatasi masalah ini demi untuk menumbuh kembangkan potensi kemanusiaan masyarakat agar dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci: erupsi sinabung, kurikulum, pendidikan nonformal, masyarakat
Full Text:
PDFReferences
Alhamuddin. (2019). Politik kebijakan pengembangan kurikulum di Indonesia: sejak zaman kemerdekaan hingga reformasi (1947-2013). Kencana.
Daulay, W., … M. N.-J. M., & 2021, undefined. (n.d.). Perkembangan Psikososial Anak dan Remaja Pasca Erupsi Sinabung di Kabupaten Karo. e-journal.sari-mutiara.ac.id. Diambil 2 Desember 2024, dari http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/NERS/article/view/1369
H Syafitri. (2023). Psychological First Aid (Pfa) Pada Korban Erupsi Gunung Sinabung Di Kabupaten Karo. Jubdimas (Jurnal Pengabdian, 10(2), 11–20. https://jurnal.tunggatama.co.id/index.php/jubdimas/article/view/81
Indirawati, S. (2021). Analisis Risiko Kesehatan Paparan Timbal pada Air Minum Masyarakat di Wilayah Eks Erupsi Sinabung Kecamatan Simpang Empat Karo. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/33085
Irwan, M., Anggreni, A., Sunita, J., & Suhdi, H. (2022). Life Skills Education Through Non-Formal Education For People With Physical Disabilities. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 235–242.
Ketaren, Y., … F. L.-J. A., & 2022, undefined. (n.d.). Strategi Pemulihan Pasca Bencana Erupsi Gunung Sinabung Di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. ejournal.unsrat.ac.id. Diambil 2 Desember 2024, dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/44594/38843
Lestari, P., Komunikasi, H. R.-B. J. M. I., & 2020, undefined. (n.d.). Menyingkap perspektif tunggal dalam komunikasi bencana erupsi Gunung Sinabung Melalui Detik. Com. journal.ubm.ac.id. Diambil 2 Desember 2024, dari https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/1980
Syafrizaldi, S., … D. H.-… D. K. (J-P., & 2023, undefined. (n.d.). Gambaran Resiliensi Pada Remaja Penyintas Erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo. jurnalp3k.com. Diambil 2 Desember 2024, dari http://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/202
DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v12i2.59446
Article Metrics
Abstract view : 36 timesPDF - 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index