ANALISIS EMPIRIS FAKTOR PENDIDIKAN DAN SOSIAL EKONOMI YANG MEMBENTUK USAHA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA SELAMA PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jefa.v13i2.65358Kata Kunci:
mahasiswa, ekonomi, pendidikan, pendidikan tinggi, wirausahaAbstrak
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan faktor-faktor apa yang mempengaruhi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Stambuk 2011 untuk berwirausaha sambil kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa-apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa mendirikan usaha sambil kuliah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 orang. Instrument yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah angket. Uji validitas menggunakan rumus product moment, uji reliabelitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji kecendrungan dan perhitungan presentase. Dari hasil data diperoleh bahwa tingkat kecendrungan Faktor- faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa FIP Stambuk 2011 Mendirikan Usaha Sambil Kuliah pada kategori tinggi sebesar 20,83%, kategori sedang sebesar 66,66 %, dan kategori rendah sebesar 12,50%.Referensi
Ani’im Fattach, Eka Fais Wahyuli, Muhamad Imam Syairozi, T. O. A. (2021). Rekonstruksi Sosial Ekonomi Pengentasan Kemiskinan Melalui Kelompok Usaba Bersama (Kube) Penjual Nasi Boranan Di Desa Sumberejo Kabupaten Lamongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 5(2), 455–447. Http://Jurnal-Umbuton.Ac.Id/Index.Php/Ppm/Article/View/1358
Button, L. (2021). Philosophical Foundations Of Curriculum. Curriculum Essentials: A Journey.
Delfiana, S., Delfiana, S., & Anastasya, S. (2024). Kewirausahaan Berbasis Sumber Daya Alam Untuk Penguatan Ekonomi Masyarakat. Journal Education For All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 72–78. Https://Doi.Org/10.24114/Jefa.V12i2.58966
Fajri, N. N., Fajri, N. N., Herwina, W., & Laksono, B. A. (2024). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Kewirausahaan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Journal Education For All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 47–51. Https://Doi.Org/10.24114/Jefa.V12i2.47226
Giofanny, D. A., Sriartha, I. P., & Tungga Atmadja, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Di Smp Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 4(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.23887/Pips.V4i1.3140
Irwan, M., Rosdiana, R., Hasibuan, J., & Syahputa, D. D. (2023). Model Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kemandirian Pangan Untuk Pengentasan Kemiskinan Di Kampung Matfa. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 11(2).
Irwan, M., Rosdiana, R., & Kurniawan, F. (2020). Pendampingan Ibu Rumah Tangga (Irt) Dalam Inovasi Produk Limbah Lidi Kelapa Sawit Sebagai Penghasilan Tambahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education For All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 27–32.
Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education And Learning Journal, 1(2), 102. Https://Doi.Org/10.33096/Eljour.V1i2.54
Ramsdal, G. H., & Wynn, R. (2024). Do Two Weeks In A Learning Camp After Ninth Grade Make A Difference? Experiences Of Demotivated Boys With An Increased Risk Of School Dropout. Behavioral Sciences (2076-328x), 14(3), 189. Https://Doi.Org/10.3390/Bs14030189
Rushami Zien, N. H., Abu Bakar, N. A., & Saad, R. (2024). Learning Beyond Borders: Lifelong Learning And Learning Culture In Islamic Institutions In The Pursuit Of Quality Education. Quality Education For All, 1(2), 80–93. Https://Doi.Org/10.1108/Qea-01-2024-0010
Subagiana, I. G. M., Artatanaya, I. G. L. S., & Wijayati, N. L. M. (2018). Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (Pemp) Pada Tiga Perkampungan Nelayan Air Kuning, Pengambengan Dan Candi Kusuma Kabupaten Jembrana Propinsi Bali (Suatu Studi Komparatif). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(2), 92–98. Https://Doaj.Org/Article/1128a04fd16b4c278ae8f09227fcca30
Sukhemi, S., & Maisaroh, S. (2019). Pembentukan Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budaya Kewirausahaan Untuk Mengurangi Pengangguran Dan Kemiskinan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 31–38. Https://Doi.Org/10.32639/Jiak.V8i1.284
Theresa, B., Emi, C., & Viviyanti, D. (N.D.). Optimalisasi Peranan Lkp Dalam Membentuk Komunitas Wirausahawan Melalui Model Pelatihan Kewirausahaan. Journal Of Millennial Community, 3(2), 59–67.
Vanek, J. (2010). From Destructive To Creative Trade Through Economic Democracy. In T. Eriksson (Ed.), Advances In The Economic Analysis Of Participatory & Labor-Managed Firms (Vol. 11, Pp. 247–253). Emerald Group Publishing Limited. Https://Doi.Org/10.1108/S0885-3339(2010)0000011014
Zając, T., Perales, F., Tomaszewski, W., Xiang, N., & Zubrick, S. R. (2024). Student Mental Health And Dropout From Higher Education: An Analysis Of Australian Administrative Data. Higher Education (00181560), 87(2), 325–343. Https://Doi.Org/10.1007/S10734-023-01009-9
Zhang, Y., & Perkins, D. D. (2023). Toward An Empowerment Model Of Community Education In China. Adult Education Quarterly, 73(1), 21–39. Https://Doi.Org/10.1177/07417136211062252
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Author(s)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.











