Dampak Implementasi Merdeka Belajar Program Kampus Mengajar Di Wilayah 3T Indonesia

Penulis

  • Nur Andini Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Laskar Pelangi, Deli Serdang, Indonesia
  • Maria Marsela Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Laskar Pelangi, Deli Serdang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jefa.v13i2.65361

Kata Kunci:

motivasi, kewirausahaan, masyarakat, pendidikan nonformal, ekonomi

Abstrak

Pendidikan adalah salah satu hal yang fundamental dan telah menjadi kebutuhan bagi seluruh masyarakat. Namun, masyarakat yang termasuk dalam daerah 3T dominan terbelakang/marginal. Ketiadaan akses informasi dan teknologi untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman menjadikan mereka tertinggal dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah akses terhadap pendidikan.Program Kampus Mengajar yang diluncurkan Kemdikbud diharapkan akan menjadi salah satu solusi terkait permasalahan keterbatasan akses pendidikan di wilayah 3T. Penelitian mengenai dampak dari implementasi Merdeka Belajar Program Kampus Mengajar di Wilayah 3T dimana program Kampus Mengajar telah dilaksanakan dari tahun 2021 sampai tahun 2022 ini sudah memasuki Angkatan ke-4. Jenis Penelitian adalah Literatur Review. Teknik Pengumpulan data wawancara dengan teknik kepada 10 di anggap cocok untuk dijadikan Narasumber, Pengumpulan data juga dengan mengumpulkan berbagai literatur yang sesuai baik dalam bentuk teks tertulis maupun soft copy. Data dianalisis dan di reduksi dari berbagai informasi yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian ada 2 dampak dari Implementasi kamppus mengajar yaitu Dampak Positif dan Dampak Negatif.

Referensi

Afolabi, A., Adeyemi, A., & Adedayo, O. (2021). Challenges of entrepreneurship education in developing economies: A case study of Nigeria. Journal of Entrepreneurship Development, 15(3), 45-60.

Garcia, M., Lopez, R., & Santos, P. (2020). Community-based entrepreneurship training: A pathway to economic empowerment. Journal of Community Development, 18(2), 123-139.

Kabeer, N. (1999). Resources, agency, achievements: Reflections on the measurement of women's empowerment. Development and Change, 30(3), 435-464. https://doi.org/10.1111/1467-7660.00125

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.

Prasetyo, T., & Hidayat, R. (2022). Local-based entrepreneurship training for rural economic development in Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 10(1), 1-15.

Rahman, M., Khan, S., & Alam, M. (2022). Enhancing entrepreneurial skills through community-based training programs: Evidence from South Africa. International Journal of Business Studies, 14(2), 78-92.

Rahayu, S., Kartika, W., & Handayani, T. (2022). Empowering women through nonformal education: Case studies from rural Indonesia. Jurnal Pendidikan Nonformal, 19(3), 150-167.

Setiawan, D. (2021). Evaluating the impact of entrepreneurship training programs on local communities in Indonesia. Indonesian Journal of Economic Studies, 25(4), 200-215.

Smith, J., Brown, L., & Taylor, K. (2020). Entrepreneurship education in low-income communities: A review of best practices. Journal of Business and Entrepreneurship, 26(1), 45-62.

Suryadi, B. (2023). Digital platforms as a tool for entrepreneurship education: A case study from Indonesia. Asian Journal of Entrepreneurship, 12(2), 134-147.

Suryani, T. (2022). Cultural-based entrepreneurship: Strengthening local economies through nonformal education. Jurnal Kearifan Lokal, 8(1), 89-102.

Sutrisno, A. (2023). Simulation-based entrepreneurship training for youth in Indonesia. Jurnal Pendidikan Nonformal dan Informal, 15(2), 75-90.

Wang, Y., Li, J., & Zhang, X. (2021). The impact of business simulation training on entrepreneurial motivation: Evidence from China. Asia-Pacific Journal of Business, 20(3), 245-260.

Yulianto, R. (2023). Barriers to sustainable entrepreneurship programs in rural Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pemberdayaan, 17(2), 112-128.

Yusuf, M., Ahmed, Z., & Karim, S. (2022). The role of cultural heritage in promoting entrepreneurship: A global perspective. Global Journal of Entrepreneurship Research, 15(1), 33-48.

Zhao, H., Sun, J., & Wang, P. (2020). Online platforms and entrepreneurship education: Opportunities and challenges. Educational Technology Research and Development, 68(4), 1231-1249. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09793-7

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Nur Andini, & Maria Marsela. (2024). Dampak Implementasi Merdeka Belajar Program Kampus Mengajar Di Wilayah 3T Indonesia. Journal Education for All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 94–101. https://doi.org/10.24114/jefa.v13i2.65361