Pengembangan LKPS Berbasis Discovery Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 066662 Medan Denai

Authors

  • Suci Hayati Universitas Negeri Medan
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Naeklan Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Risma Sitohang Universitas Negeri Medan
  • Yusra Nasution Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64333

Keywords:

LKPD, Discovery Learning, Pengembangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini menciptakan LKPD berbasis discovery learning yang layak dan praktik digunakan oleh guru dan siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan untuk Tema 4 "Aneka Pekerjaan" Subtema 1 di kelas IV SD Negeri 066662 Medan Denai memperoleh validasi sebesar 95% (sangat valid), dengan rata-rata skor kepraktisan siswa 9,92 (sangat praktis), serta rata-rata skor keefektifan siswa sebesar 72,85 (efektif). Hal ini mengindikasikan bahwa LKPD yang dirancang mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memotivasi pembelajaran aktif, dan mendukung pemahaman materi secara lebih mendalam dibandingkan LKPD konvensional.

Author Biographies

Suci Hayati, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Elvi Mailani, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Naeklan Simbolon, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Risma Sitohang, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Yusra Nasution, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Faisal, S., & Lova, S. M. (2018). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Medan: CV Harapan Cerdas.

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Irwansyah, M., & Perkasa, M. (2022). Scientific Approach dalam Pembelajaran Abad 21. Penerbit NEM.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Lely, F. N. (2025). Pengembangan LKPD perubahan cuaca dan pengaruhnya berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan literasi sains. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 156–175.

Mailani, E. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1286

Martir, L., Sayangan, Y. V., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766.

Mbato, C. L. (2024). Paradigma Pendidikan Memerdekakan: Mentransformasi Arena Mengajar Menjadi Ruang Belajar. Sanata Dharma University Press.

MUBAROK, M. (2024). MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 99–109. https://doi.org/10.51878/learning.v4i1.2763

Nasrullah, A., Judijanto, L., & Sepriano, S. (2024). Guru Penggerak: Teori dan Implementasi Guru Penggerak pada Kurikulum Merdeka Belajar. PT. Green Pustaka Indonesia.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Pembuatan Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.

Rosyidah, A. (2024). Penerapan LKPD pada Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Polynom: Journal in Mathematics Education, 3(01), 19–25.

Rusli, M. (2021). Discovery Learning. Model Pembelajaran Era Society 5.0, 1, 267.

Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2025). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Di Sekolah Dasar. Deepublish.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Guepedia.

Wulan Trisnawaty, Alful Laila Rahma, Putri Bela Mutiara, Bilal Ibnu Sidiq, Adella Ramadheni Saputri, Novi Ramadhani, Serlita Nanda Prihastiwi, Siti Rosyidah Aisyiyah, & Amalia Safitri. (2025). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SDN BANJARSARI. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 32–37. https://doi.org/10.36709/jipsd.v7i1.72

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Suci Hayati, Elvi Mailani, Naeklan Simbolon, Risma Sitohang, & Yusra Nasution. (2025). Pengembangan LKPS Berbasis Discovery Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 066662 Medan Denai. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 831–844. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64333

Issue

Section

Articles