Pengembangan LKPS Berbasis Discovery Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 066662 Medan Denai
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64333Keywords:
LKPD, Discovery Learning, PengembanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini menciptakan LKPD berbasis discovery learning yang layak dan praktik digunakan oleh guru dan siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan untuk Tema 4 "Aneka Pekerjaan" Subtema 1 di kelas IV SD Negeri 066662 Medan Denai memperoleh validasi sebesar 95% (sangat valid), dengan rata-rata skor kepraktisan siswa 9,92 (sangat praktis), serta rata-rata skor keefektifan siswa sebesar 72,85 (efektif). Hal ini mengindikasikan bahwa LKPD yang dirancang mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memotivasi pembelajaran aktif, dan mendukung pemahaman materi secara lebih mendalam dibandingkan LKPD konvensional.References
Faisal, S., & Lova, S. M. (2018). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Medan: CV Harapan Cerdas.
Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Irwansyah, M., & Perkasa, M. (2022). Scientific Approach dalam Pembelajaran Abad 21. Penerbit NEM.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.
Lely, F. N. (2025). Pengembangan LKPD perubahan cuaca dan pengaruhnya berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan literasi sains. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 156–175.
Mailani, E. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1286
Martir, L., Sayangan, Y. V., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766.
Mbato, C. L. (2024). Paradigma Pendidikan Memerdekakan: Mentransformasi Arena Mengajar Menjadi Ruang Belajar. Sanata Dharma University Press.
MUBAROK, M. (2024). MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 99–109. https://doi.org/10.51878/learning.v4i1.2763
Nasrullah, A., Judijanto, L., & Sepriano, S. (2024). Guru Penggerak: Teori dan Implementasi Guru Penggerak pada Kurikulum Merdeka Belajar. PT. Green Pustaka Indonesia.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Pembuatan Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.
Rosyidah, A. (2024). Penerapan LKPD pada Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Polynom: Journal in Mathematics Education, 3(01), 19–25.
Rusli, M. (2021). Discovery Learning. Model Pembelajaran Era Society 5.0, 1, 267.
Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2025). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Di Sekolah Dasar. Deepublish.
Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.
Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Guepedia.
Wulan Trisnawaty, Alful Laila Rahma, Putri Bela Mutiara, Bilal Ibnu Sidiq, Adella Ramadheni Saputri, Novi Ramadhani, Serlita Nanda Prihastiwi, Siti Rosyidah Aisyiyah, & Amalia Safitri. (2025). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SDN BANJARSARI. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 32–37. https://doi.org/10.36709/jipsd.v7i1.72
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Hayati, Elvi Mailani, Naeklan Simbolon, Risma Sitohang, Yusra Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)