Analisis Kecakapan Hidup Anak Tunanetra di SLB-A Perwari Kuningan

Authors

  • Erna Juherna Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Sulistiani Sulistiani Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Ucu Sunengsih Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Ismawati Ismawati Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Nadia Sofia Zein Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Nurholifah Nurholifah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Syifa Nidaul Hayati Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Nada Mawaddah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Rina Nur Vitria Universitas Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64497

Keywords:

Kecakapan Hidup, Anak Tunanetra, Keterampilan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan keterampilan hidup dan kemandirian siswa tunanetra di SLB-A Perwari Kuningan melalui pendekatan yang holistik dan terintegrasi. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami pentingnya pelatihan keterampilan hidup, seperti orientasi mobilitas sosial dan komunikasi (OMSK), serta peran orang tua dalam mendukung perkembangan kemandirian siswa tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa tunanetra, guru, dan orang tua siswa di SLB-A Perwari Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan OMSK, yang meliputi penggunaan tongkat, braille, dan alat bantu lainnya, sangat efektif dalam membantu siswa tunanetra untuk mengembangkan kemandirian mereka. Selain itu, peran orang tua dalam mendukung pengembangan keterampilan hidup di rumah sangat penting untuk meningkatkan kemandirian siswa. Meskipun terdapat tantangan dalam mengatasi kesulitan sosial dan pemahaman informasi, penggunaan teknologi bantu dan pelatihan keterampilan sosial dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan keterampilan hidup dan kemandirian siswa tunanetra memerlukan pendekatan yang menyeluruh, melibatkan kerjasama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan mereka.

Author Biographies

Erna Juherna, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sulistiani Sulistiani, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ucu Sunengsih, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ismawati Ismawati, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nadia Sofia Zein, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurholifah Nurholifah, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Syifa Nidaul Hayati, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nada Mawaddah, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rina Nur Vitria, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ahadiyah, D. N., & Herawati, E. (2024). Pengalaman dan Kehidupan Keseharian Penyandang Disabilitas di Kota Bandung. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 351–366.

Alawiyah, T. (2017). Penerimaan Informasi Melalui Digital Talking Book oleh Siswa Tunanetra. Jurnal Teknodik, 44.

Andani, F., Octavia, R., Pahera, D., Alisah, S., Erda, W., & Andani, N. S. (2023). Strategi guru dalam memberikan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus di kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(1), 152–165.

Anjarningsih, H. Y. (2021). Disleksia-perkembangan di Indonesia: Perspektif siswa dan guru. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Anurogo, D., & Napitupulu, D. S. (2023). Esensi Ilmu Pendidikan Islam: Paradigma, Tradisi dan Inovasi. Pustaka Peradaban.

Azmi, I. U., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidance) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551–3558.

Darmawati, T. L., Hastijanti, R. A. R., & Murti, F. (2023). Strategi Desain Fasilitas Pendidikan Bagi Tunanetra Dan Tunagrahita: Design Strategies for Edicational Facilities for The Visually and Intellectual Disability. Sarga: Journal of Architecture and Urbanism, 17(2), 23–32.

Dewi, W. K. M., & Arnawa, I. P. G. B. (2023). Peranan guru kelas dalam pembelajaran inklusif pada anak berkebutuhan khusus. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 581–594.

Dzunurain, M. K., & Wasisto, J. (2022). Pemanfaatan Koleksi Buku Braille Sebagai Sumber Informasi Siswa Penyandang Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(1), 57–68.

Erniati, E., Supriadi, S., Jumriati, J., & Syukriady, D. (2023). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN UNTUK MAHASISWA TUNANETRA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN AUDIO DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3458–3468.

Habibah, L. L. K. (2020). Gambaran Dukungan Sosial Dalam Membentuk Konsep Diri Anak Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Ngasem Kabupaten Kediri. IAIN Kediri.

Hamdani, M. K. (2024). Implementasi Penanaman Life Skill Pada Usia Dini Di Tpa Alba Mandiri Pacitan. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 251–260.

Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Karmila, N., & Raudhoh, S. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 36–39.

Khofifah, I. N. K., Nugraheni, L., & Kuryanto, M. S. (2024). Kemampuan menyimak siswa SLBN Pati dalam melakukan senam disabilitas netra (NADINE). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 290–301.

Lintangsari, A. P., Kusumawardani, I. N., Emaliana, I., Koeswoyo, R. A., Sujannah, W. D., & Ekatina, M. (2023). Inclusive Instructions: Teori dan Praktik di Pendidikan Tinggi. Universitas Brawijaya Press.

Natadireja, U., Qomariyah, S., Babullah, R., & Rizki, N. J. (2023). Kontribusi SLB Dalam Memenuhi Kebutuhan Wajib Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Budi Nurani Kota Sukabumi. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 134–143.

Ningrum, N. A. (2022). Strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40.

Novi, B. (2015). Cara-cara mengasuh anak yang sering diabaikan orang tua. Flash Books.

Novi, B. (2018). Bacaan Wajib Orang Tua. DIVA PRESS.

Nuryati, N. (2022). Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Unisa press.

Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, E. F., & Kammariyati, K. (2020). Pengaruh pendampingan orangtua terhadap kemandirian dan tanggung jawab anak selama belajar dari rumah. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 132–146.

Pujiaty, E. (2024). Strategi pengelolaan pendidikan inklusif untuk meningkatkan aksesibilitas di sekolah dasar. Jurnal Tahsinia, 5(2), 241–252.

Rahman, Z. A., & Kurniawan, B. (2023). Penguatan Personal Branding Lembaga Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) di Madrasah Ibtidaiyah. PT Arr Rad Pratama.

Ramadhaningrum, D. R. (2024). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Pelatihan Life Skills Oleh Dinas Sosial Kabupaten Gowa. Jurnal Berita Sosial, 9(1), 44–59.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Saqyla, H., Karyadi, L. W., & Awalia, H. (2023). Adaptasi Penyandang Disabilitas Tunanetra Dalam Lingkungan Pergaulan Di Sekolah Luar Biasa (Slb-A) Yayasan Panti Asuhan Tuna Netra Mataram. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Sosiologi, 1(2), 203–211.

Siallagan, S., & Harsiwi, N. E. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Anak Tuna Rungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Kamal, Bangkalan. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 147–155.

Solihin, R., Sudrajat, S., UTOMO, T. B., Ilman, S. M., & Setiadi, B. (2024). Transfer Teknologi dan Pelatihan Pembuatan Kompas Bicara untuk Meningkatkan Kemampuan Orientasi Mobilitas dan Navigasi Disabilitas Netra di SLBN-A Citeureup Kota Cimahi. Jurnal Pengabdian Teknik Dan Ilmu Komputer (Petik), 4(2), 62–69.

Sudarman, E., & Madiistriyatno, H. (2022). Sosiologi dan Manajemen Pendidikan (Edisi Revisi). Indigo Media.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62, 70.

Suryani, S. (2021). PERAN DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 01 BENGKULU UTARA. UIN FAS Bengkulu.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Juherna, E., Sulistiani, S., Sunengsih, U., Ismawati, I., Zein, N. S., Nurholifah, N., … Vitria, R. N. (2025). Analisis Kecakapan Hidup Anak Tunanetra di SLB-A Perwari Kuningan. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 890–905. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64497

Issue

Section

Articles