Pengaruh Permainan Tradisional Tarik Tambang Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Panca Budi Medan T.A. 2016-2017.

Siti Mahyuni Harahap, Kamtini Kamtini

Abstract


Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalahkurangnya perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisionaltarik tambang terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 Tahun di TK Panca Budi T.A. 2016/2017.
Penelitian ini tadalah penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah anak di kelas B2 TK Panca Budi Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 11 anak yaitu sebelum perlakuan yang dilakukan satu kali dalam seminggu dilakukan dalam dua minggudan sesudah perlakuan yang dilakuakn dua kali dalam seminggudilakukan dalam dua minggu dengan permainan tarik tambang.Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh rata-rata nilai sebelum perlakuan 7,27 dengan nilai tertinggi 10 dan terendah 4 kemudian sesudah perlakuan nilai rata-rata 9,63 dengan nilai tertinggi 11 dan terendah 8.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional tarik tambang dapat mempengaruhi perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Panca Budi Medan T.A. 2016/2017.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v3i1.11102

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 3637 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.