Stimulasi Literasi (Menyimak) Pada Anak Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Kuranji Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi literasi (menyimak) pada anak taman kanak-kanak dikecamatan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 129 guru taman kanak-kanak dari 30 sekolah yang masing-masing diwakilkan oleh satu orang guru per sekolah yang kemuadian menjadi sampel berjumlah 30 orang guru yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu (waktu, biaya, tenaga). Jenis alat pengumpulan data atau Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Skala pengukuran yang dipakai dalam angket ini adalah skala Likert. dengan skala Likert maka variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS for window 20.00. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum bahwa stimulasi literasi (menyimak) pada anak taman kanak-kanak di Kecamatan Kuranji Kota Padang berada pada kategori tinggi dan tinggi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i2.12115
Article Metrics
Abstract view : 282 timesPDF - 1115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.