Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Jaringan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Guru Di UPT SPF SDN 101877 Tanjung Morawa

Imelda Free Unita Manurung, Laurensia Perangin Angin, Suyit Ratno

Abstract


Mitra PKM yang akan dilaksanakan adalah guru di UPT SPF SDN 101877 Tanjung Morawa. Program pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan kepada guru mengenai pembuatan dan penggunaan media pembelajaran dalam jaringan . Hal ini dilakukan berdasarkan analisis, mulai dari pembelajaran semester sebelumnya dimana pandemi COVID-19 menyerang negara, pembelajaran tidak berlangsung secara efektif dikarenakan kurangnya kesiapan guru dalam melakukan pembelajaran dalam jaringan. Sehingga sebahagian besar anak tidak melakukan pembelajaran dengan efektif. Penyebabnya adalah minimnya sumber dan referensi pendukung yang dapat digunakan guru sebagai media dalam pembelajaran daring. Hal ini menjadi permasalahan serius yang perlu dicarikan solusi sehingga anak di UPT SPF SDN 101877 Tanjung Morawa dapat melakukan pembelajaran dengan efektif. Solusi yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan mitra antara lain: (1) Sosialisasi dan pendampingan media pembelajaran, (2) pendampingan pembuatan media pembelajaran, (3) pendampingan penggunaan media pembelajaran, (4) monitoring dan evaluasi, dan (5) tindak lanjut. Metode pelaksanaan program pengabdian dilakukan melalui beberapa tahap, antara lain: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) monitoring dan evaluasi, dan (4)tindak lanjut. Dengan metode yang digunakan, diharapkan mampu meningkatkan kesiapan guru dalam melakukan pembelajaran dalam jaringan dalam mengantisipasi pembelajaran yang masih bersifat online akibat pandemi COVID-19 di Indonesia, khususnya di UPT SPF SDN 101877 Tanjung Morawa.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Sakat, Asmadi. 2012. Educational Technology Media Method in Teaching and Learning Progress. American Research Library.

Iwan Falahudin. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian). Bandung: CV. Wacana Prima




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i2.30517

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.