Peranan Penilik PAUD Melalui Pendampingan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kecamatan Medan Labuhan
Abstract
Anak usia dini merupakan usia yang un ik dan krusial dimana pendidikan yang diberikan harus bias menstimulasi aspek-aspek perkembangan anak agar berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam meningkatkan kemampuan guru menggunakan Kurikulum 2013 sebagai acuan dalam membuat program pembelajaran di PAUD sehingga kinerja guru menjadi lebih baik dan pembelajaran lebih menyenangkan serta menarik buat anak. Metode dalm penelitin ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan pendampingan, simulasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pendampingan oleh penilik paud dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat rancangan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 dan suasana belajar lebih menyenangkan dan menarik bagi anak
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Pembinaan PAUD. 2015. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:Rineka Cipta.
E. Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional. Cet. Ke-9. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2016.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i2.32856
Article Metrics
Abstract view : 217 timesPDF - 603 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.