Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Chairun Nisa Fadillah, Hibana Yusuf

Abstract


Analisis Belajar Mandiri Kurikulum Merdeka Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jenjang satuan pendidikan termasuk PAUD sudah mulai mencerminkan kebebeasan kurikulum merdeka.. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru, perlu dipahami bahwasanya tidak mudah untuk menyusun kurikulum baru bagi satuan pendidikan. Pendidik sering mengalami polemic akibat hal ini ketika kurikulum diubah. Namun, belum semua lembaga pendidikan anak usia dini menerapkan kurikulum merdeka mengingat masih perlunya pengetahuan dan penyusunan serta pengimplementasian kurikulum merdeka. Oleh sebab itu peneliti ingin menjelaskan tentang teori-teori dan peraturan yang ada pada kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah memahai konsep belajar mandiri dan struktur kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualittatif. Studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu melalui jurnal-jurnal dan buku-buku yang berkaitan dengan kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Dengan menggunakan teknik analisis data, peneliti menggambarkan dengan tepat apa yang mereka temukan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa gagasan belajar mandiri Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kompatibel dengan kurikulum merdeka. Kerangka dasar untuk penyusunan dan struktur kurikulum harus diperhatikan dengan seksama dalam membuat kurikulum merdeka. Pofil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka meliputi: a) bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; b) mandiri; c) bekerja sama dengan orang lain; d) keberagaman global; e) penalaran kritis; dan f) inovatif dan kreatif. Melalui struktur kurikulum, prinsip pembelajaran, penilaianm dan hasil belajar, kurikulum merdeka telah mengacu pada standar acuan Standar Nasional Pendidikan. Kegiatan intrakurikuler yang dimasukkan ke dalam kurikulum merdeka berfungsi untuk meningkatkan profil pelajar pancasila. Selain itu, terdapat capaian pembelajaran yang harus dipenuhi dalam kaitannya dengan tiga aspek: nilai-nilai agama dan karakter, identitas diri, serta dasar-dasar literasi dan STEAM (sains, teknologi, teknik, seni dan matematika).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Article Metrics

Abstract view : 3445 times
PDF - 3583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.