Implementasi Media Kobitar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Azhar Kowel Pamekasan

Naila Amalina, Musayyadah Musayyadah, Musayyadah Musayyadah, Dewi Pusparini, Dewi Pusparini

Abstract


Permasalahan dalam penelitian yang terjadi di TK Al-Azhar Kowel Pamekasan yaitu kurang mampu dalam perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Dimana pada usia 5-6 tahun seharusnya anak sudah mampu dalam kegiatan menghitung lambang bilangan, mengurutkan benda dari yang paling besar ke yang paling kecil, dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan bagaimana Implementasi Media Kobitar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Azhar Kowel Pamekasan. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Media Kobitar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Azhar Kowel Pamekasan dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Asrori, M. (2003), Perkembangan Peserta Didik, Malang: Wineka Media

Azar, Arsyad. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Brafindo Persada.

Joni. (2016). Peningkatan kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Jurnal PAUD STKIP PTT, 2(1), 1-10.

Mudhlofir Ali. Desain Pembelajaran inovatif (Dari Teori ke Praktik). Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Makmum, Khairani. 2017. Psikilogi Belajar.Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Nana Syaodih S, R. Ibrahim. (2004). Perencanaan Pengajaran. Asdi Mahasatya: Jakarta

Pattilima Hamid, (2005), Metode Pengembangan Kualitatif, Jakarta, Alpabeta

Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana. 2007. Media Pengajaran. Bandung; Sinar Baru Algensindo.

Suyadi & Dahlia. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Program Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Satrianawati, 2018, Media dan sumber belajar, Yogyakarta: CV Budi Utama

Susanto, Ahmad. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prenadiamedia Group

Sujiono, Yuliani. 2006. Metode perkembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Trianto. (2015). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Kelas awal SD. Jakarta: Prenadamedia Group

UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Visimedia

Wong, R K S. (2017). Do Hong Kong parents Engage in Learning Activities Conducive to preschool Children’s Mathematics Development?. Early Mathematics Learning and Development, 2, 165-178. DOI: 10.1007/978-981-10-2553-2_10.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i1.45914

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot