Pengaruh Media Smart Box Terhadap Kemampuan Menulis Awal Anak Usia 5-6 Tahun Di KB Mandiri Desa Lubuk Raman

Dianti Dewi, Indri Anastasia, Masyunita Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media smart box terhadap kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Design. Populasi dalam penelitian ini di KB MANDIRI Desa Lubuk Raman 23 anak. Teknik pengambilan sampel yang menggunakan Sampling Purposive, 12 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa harga 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Dengan harga  ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 13.917 maka sebanding harga 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan (df)= n – 2 (14 – 2 = 12). Diketahui taraf signifikan α = 0,05 yakni 2,228. Meskipun begitu 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (13.917) > 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,228) ini menunjukkan terdapat pengaruh smart box terhadap kemampuan menulis awal anak di KB Mandiri yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 2,91 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian media smart box dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kemampuan menulis awal anak.

Kata Kunci: smart box; kemampuan menulis awal; anak usia 5-6 tahun.

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i3.47869

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.