Persepsi Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Anak Di Rumah Di Desa Lestari Indah

Feni Biuty Febiola Sihombing, Elizon Nainggolan

Abstract


Tujuan Penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap disiplin belajar anak dirumah di Desa Lestari Indah kecamatan siantar kabupaten simalungun. Subjek penelitian ini adalah Orang Tua Siswa di Desa Lestari Indah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan hanya menggunakan satu variabel. Penelitian ini menggunakan instrument berupa angket atau kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan Proportional Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kategori dan persentase. Hasil penelitian diperoleh Persepsi Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Anak Di Rumah Di Desa Lestari Indah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, 10 Orang tua dalam kategori sangat baik (11%), 29 Orang tua dalam kategori baik (32%), 25 Orang tua dalam kategori cukup (28%), 26 Orang tua dalam kategori kurang (29%) dan 0% kategori sangat kurang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu persepsi orang tua terhadap disiplin belajar anak di rumah di desa lestari indah kecamatan siantar kabupaten simalungun secara keseluruhan adalah baik. Saran dalam penelitian ini diberikan kepada orang tua dan peneliti lain

Full Text:

PDF

References


Alex, Sobur.(2003).Psikologi Umum.Bandung: Pustaka Setia

Anas, Sudjono.(2010).Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Aqip, Zainal.(2011).Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa.Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi.(2013).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Bimo, Walgito.(1991).Psikologi Sosial (Suatu Pengantar).Yogyakarta: Andi Offset

____________.(2004).Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset

Buchari, Alma.(2010).Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar.Bandung: Alfabeta

_____________.(2013).Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum.Bandung: Alfabeta

Daryanto.(2013).Implementasi Pendidikan Karakter.Jakarta: Grasindo

Depdiknas.(2003).Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Fatah Syukur.(2006).Persepsi Mahasiswa Tadris Terhadap Pembelajaran Dosen dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Jurusan Tadris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. (http://citraedukasi.blogspot.com/2008/01/penelitian9813.html. Diakses 22 Juli 2020).

Hari Indrawijaya.(2018). Hubungan Disiplin Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pkn Pada Materi Kebebasan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VII di SMPS Cinta Nusa Sentul Kabupaten Bogor.Jurnal Program studi PGMI.5(2).207-215

Hurlock, E.B.(1999).Perkembangan Anak. Jakarta: PT.Gelora Aksara

Kartono dan Kartini.(2014).Pemimpin dan Kepemimpinan.Jakarta: PT.Raja Grafindo

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Perubahan dan Manajemen Harapan. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Lia Susianti.(2012).Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuansing. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. (http://core.ac.uk/download/pdf/300838115.pdf&ved=2ahUKEwi79rraq. Diakses 23 Juli 2020)

Mas’ Udi.(2008).Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mendikbud.(2020).Surat Edaran Mendikbud No 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19

Miftah, Thoha.(2011).Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasi.Jakarta: PT.Grafindo Persada

Rakhmat, Jalaluddin.(2004).Metode Penelitian Komunikasi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

________________.(2005).Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Robbins, P. Stephen. (2003). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga

Saifuddin Azwar.(2010).Tes Prestasi;Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar.Yogyakart a: PT Andi Offset

Sancorella, Devita.(2012).Disiplin Belajar Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Eksternal.(http://skripsippknunj.com/wp-content/uploads/2013/jurnal-Devita.pdf. Diakses 23 Juli 2020)

Slameto.(2010).Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta

Soekidjo, Notoadmojo.(2007).Pengantar Pendidikan Kesehatan & Ilmu Pola Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset

Sudiro.(2012).Persepsi Orang Tua Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan SD Grogol I, Karangmojo, Gunung Kidul. Universitas Negeri Yogyakarta. (http://eprints.uny.ac.id/7917/1/1%2520%252009604227180.pdf. Diakses 23 Juli 2020).




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47894

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.