Pengembangan Model Mini Book Series Smart Mindful Parenting dalam Upaya Pencegahan Tindak Kekerasan Pada Anak

Leli Halimah, Ayu Hopiani, Ai Sutini, Mirawati Mirawati

Abstract


Pada saat ini fenomena kekerasan kepada anak masih marak terjadi diberbagai negara, salah satunya yaitu di Indonesia. Kekerasan terhadap anak di Indonesia masih menunjukkan angka yang tinggi. Salah satu faktor penyebab dari tingginya angka kekerasan terhadap anak yaitu kurangnya kesadaran orang tua dan masyarakat terhadap tindakan kekerasan terhadap anak. Kondisi ini mendorong peneliti untuk memberikan edukasi kepada sekolah dan keluarga untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan kepada anak. Salah satu upaya yang akan dilakukan peneliti yaitu dengan mengembangkan model Mini Book Series Smart Mindful Parenting. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) dengan melibatkan partisipan yaitu guru dan orang tua di PAUD Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, FGD, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya model Mini Book Series Smart Mindful Parenting yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dan orang tua untuk mengenali berbagai tindakan yang termasuk dalam kekerasan terhadap anak

Full Text:

PDF

References


Astungkoro, R., & Suryarandika, R. KemenPPA: Kasus Kekerasan Terhadap Anak Melonjak. https://www.republika.id/posts/36917/kemenppa-kasus-kekerasan-terhadap-anak-melonjak (Jakarta: 2023).

Bigner, J. J., & Gerhardt, C. J. Parent-child relations: An introduction to parenting(9thed.). (United States: Merrill/Prentice Hall, 2014).

Bögels, S., & Restifo, K. Mindful parenting: A guide for mental health practitioners. (New York City: Springer, 2013).

Febriani, Z., Kumalasari, D., Triman, A., & Listyawati, E. F. Pelatihan Mindful Parenting Bagi Ibu Dengan Balita di Cempaka Putih. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 4(1), 7–12. https://doi.org/https:/doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.3232 (Malang: 2019)

Gale, M. Mindful Parenting in a Messy World: Living with Presence and Parenting with Purpose. (US:Motivational Press, Incorporated, 2017).

Gouveia, M. J., Carona, C., Canavarro, M. C., & Moreira, H. Self-Compassion and Dispositional Mindfulness Are Associated with Parenting Styles and Parenting Stress: the Mediating Role of Mindful Parenting. Mindfulness, 7(3), 700–712. https://doi.org/10.1007/s12671-016-0507-y (2016).

Graham, B. R. Effective child abuse investigation for the multi-disciplinary team. (US: CRC Press, 2014)

Irawan, A., & Yaumi, M. Pengaruh Penggunaan Media Mini Book Dan Crossword Puzzle Pada Materi Keragaman Di Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 94–104. https://doi.org/https:/doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a8.20 (2022).

Klebanov, M. S., & Travis, A. D. The critical role of parenting in human development. (New York: Routledge, 2014_.

Kleinman, T. G., & Pollack, D. Domestic Abuse, Child Custody, and Visitation: Winning in Family Court. (Oxford: Oxford University Press, 2017).

Mathews, B., & Bross, D. C. Mandatory reporting laws and the identification of severe child abuse and neglect. (New York City: Springer, 2015)

Miller, S. A. Parenting and theory of mind. (Oxford: Oxford University Press, 2016)

Naish, S. The AZ of Therapeutic Parenting: Strategies and Solutions. (UK: Jessica Kingsley Publishers, 2018)

Prock, L. A. The societal burden of child abuse: Long-term mental health and behavioral consequences. (US: CRC Press, 2015)

Puspa, A. 12.938 Anak Jadi Korban, KPPPA Soroti Kasus Kekerasan di Sekolah. https://mediaindonesia.com/humaniora/449122/12938-anak-jadi-korban-kpppa-soroti-kasus-kekerasan-di-sekolah. (2021, November 24).

Putri, N. F. Pengembangan Media Mini Book pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Pengembangan Media Mini Book Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Kota Sungai Penuh.(2018).

Rahman, A., & Zafri, Z. Pengembangan Buku Kecil (Mini Book) Untuk Meningkatkan Berpikir Kronologis Siswa Kelas X SMAN 3 Pariaman. Jurnal Kronologi, 3(2), 61–72. https://doi.org/https:/doi.org/10.24036/jk.v3i2.176 (2021).

Sanders, M. R., & Morawska, A. (2018). Handbook of parenting and child development across the lifespan. (New York City: Springer, 2018)

Sukidi, M. M., Sukidi, M., & Abdullah, M. H. Use of the Mini Book to Improve Expositorial Writing Skills of V Class Student of SDN Wonokusumo 1 Surabaya, Indonesia. Proceedings of the 5thInternational Conference on Education and Technology (ICET 2019), 104–110. https://doi.org/https:/doi.org/10.2991/icet-19.2019.25 (2019).

Sulasteri, S., Sulaiman, U., & Jalil, S. N. Perbandingan Media Mini Book dan Big Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 53–63. https://doi.org/https:/doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a5.2018 (2018).

United Nations Children’s Fund. Situasi Anak di Indonesia –Tren, Peluang, dan Tantangan Dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. UNICEF Indonesia. (Jakarta: 2020).

Vaughan, L. Practice-based design research. (UK: Bloomsbury Publishing, 2017)




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52447

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.