Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Berbasis Web Sebagai Suplemen Pembelajaran Prodi PIAUD

Muhammad Syahrul Sarea, A Sri Mardiyanti Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi bahan ajar berbasis website. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan model pengembangan 4D (Four D Models) yang terdiri dari tahapan Define, Design, Development, dan Dissiminate. Subjek dari penelitian ini adalah Dosen dan Mahasiswa prodi PIAUD IAIN Bone. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi bahan ajar berbasis website berdasarkan validasi ahli media memiliki fungsi yang sangat baik untuk digunakan dengan skor rata-rata 4,5. Adapun dari hasil uji coba skala kecil untuk kepraktisan dan keefektifan sebesar 4,6 dan 4,63. sedangkan uji coba pada skala besar untuk kepraktisan dan keefektifan diperoleh rata-rata sebesar 4,86 dan 4,73. Hal ini menunjukkan nahwa aplikasi bahan ajar berbasis website yang dikembangkan dapat diterima dan layak untuk digunakan

Full Text:

PDF

References


G. N. Santika, “Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 2, pp. 369–377, 2021.

Santoso, “PENINGKATAN KETERAMPILAN PUSTAKAWAN SEBAGAI DOSEN DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PADA JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN,” Univ. Negeri Malang, 2011.

Wang, D. Y. Bernanda, J. F. Andry, and A. N. Fajar, “Application Development and Testing Based on ISO 9126 Framework,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1235, no. 1, p. 12011.

Anggraeni, “Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0,” Al-Idarah J. Kependidikan Islam, vol. 9, no. 2, pp. 190–203, 2019.

Sugihartini and N. L. Jayanta, “Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 14, no. 2, 2017.

S. A. Karim, J. M. Parenreng, and A. Hafizh, “Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer di Prodi PTIK UNM,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 75–78, 2022.

A. Maydiantoro, “Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development),” J. Pengemb. PROFESI PENDIDIK Indones., 2021.

A. Sudijono, “Pengantar Statistik Pendidikan: Jakarta: Rajawali Pers,” Widyoko, Eko Putro.(2017). Tek. Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta Pustaka Pelajar, 2012.

N. K. C. Dewi, I. B. G. Anandita, K. J. Atmaja, and P. W. Aditama, “Rancang bangun aplikasi mobile siska berbasis android,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 1, no. 2, pp. 100–107, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52449

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.