Apakah Guru PAUD Memahami Tentang Program Parenting?

Mukti Amini

Abstract


Parenting atau pelibatan orang tua dalam kegiatan yang diadakan di lembaga PAUD mutlak diperlukan karena beberapa alasan. Pertama, karena masa ini adalah masa transisi antara pendidikan dalam keluarga dengan pendidikan di luar keluarga yaitu di lembaga PAUD. Kedua, karena bagaimana pun orang tua tetaplah pendidik utama bagi putra putrinya. Oleh karena itu, sebelum merancang berbagai program parenting, guru di lembaga PAUD juga perlu memiliki pemahaman yang benar tentang pelibatan orangtua terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dari guru di lembaga PAUD tentang pemahaman mereka terhadap program parenting. Penelitian dilakukan kepada 33 guru lembaga PAUD di Tangerang Selatan pada akhir tahun 2022. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner melalui google form. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum pemahaman para guru PAUD di Tangerang Selatan tentang program parenting sudah memadai namun masih menemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan program parenting

Full Text:

PDF

References


Amaliana, A., & Afrianti, N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap kemandirian Anak di Rumah dan di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 58–63. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.901

Amini, M. (2015). Profil Keterllibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 9–20. https://doi.org/10.21009/jiv.1001.2

Amini, M. (2018). Using Social Media Whatsapp Group in Parental Involvement to Improve Child’s Independence at Kindergarten. Proceedings of the 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks ({SECRET} 2018). https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.17

Dowling, E., & Elliott, D. (2017). What we have learned from parents, children, teachers, counsellors and others. In Understanding Children’s Needs When Parents Separate (pp. 53–59). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315149073-6

Kaloka, R. A. (2017). Parental Mediation pada Anak Saat Menonton Televisi dengan Rating Guide Bimbingan Orang Tua (R-BO). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 62. https://doi.org/10.14710/interaksi.5.1.62-67

Kim, J., & Yu, H. M. (2022). Home-Based Parent Involvement, Parental Warmth, and Kindergarten Outcomes Among Children of Immigrant Parents. Early Education and Development, 1–25. https://doi.org/10.1080/10409289.2022.2153003

Mikolajczak, M., Raes, M.-E., Avalosse, H., & Roskam, I. (2022). Exhausted Parents: Sociodemographic, Child-Related, Parent-Related, Parenting and Family-Functioning Correlates of Parental Burnout. In Key Topics in Behavioral Sciences (pp. 57–69). Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-19918-9_5

Prihatin, P. (2021). Peran Orang Tua dan Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran di Rumah (daring) Saat Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar~, 2(1), 146–154. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1882

Shah, N. M., & Hanafi, Z. (2017). Teacher-Child Interactions During Mathematic Activities in a Preschool Class. Proceedings of the 3rd International Conference on Early Childhood Education ({ICECE} 2016). https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.61

Sukma, M., Arifin, R. F., & Putra, F. (2019). Hubungan antara Komunikasi Orang tua terhadap Anak dengan Temper Tantrum Anak di TK Nurul Hidayah. Pustaka Kesehatan, 7(2), 106. https://doi.org/10.19184/pk.v7i2.19122

Tang, L. (2021). Psychological Differences and Communication Skills between Kindergarten Teachers and Parents. Journal of International Education and Development, 5(9), 27–31. https://doi.org/10.47297/wspiedwsp2516-250005.20210509

Viola, K., & Wijayani, I. (2021). Komunikasi Jarak Jauh Antara Orang Tua dan Anak. Studi Deskriptif Tentang Orang Tua dengan Anak yang Merantau ke Kota Palembang. Jurnal Inovasi, 15(2), 36–44. https://doi.org/10.33557/ji.v15i2.2213




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52459

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.