Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD

Musnar Indra Daulay, Mohammad Fauziddin

Abstract


Penyusunan kurikulum baru tidaklah mudah bagi setiap satuan Pendidikan, seringkali menjadi polemik yang dirasakan oleh para pendidik khususnya pada jenjang anak usia dini. Kurikulum merupakan pokok pikiran dari jalannya proses pendidikan, tanpa kurikulum yang baik maka proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan pendidikan nasional tidak tercapai. Untuk meningkatkan pemahaman berkaitan dengan bagaimana kurikulum merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini diperlukan pembahasan yang lebih dalam berkaitan dengan kajian konsep isinya dan bagaimana konsep aktualisasi dan implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas terkait pengembangan dan implementasi kurikulum merdeka di pendidikan anak usia dini, yang meliputi pengertian kurikulum merdeka, karakteristik dan ciri khas kurikulum merdeka, dan tahapan implementasi kurikulum merdeka pada jenjang PAUD. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang menggunakan analisis teori dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah Kurikulum merdeka beriringan dengan konsep merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam menyusun kurikulum merdeka perlu diperhatikan kerangka dasar dan struktur kurikulumnya

Full Text:

PDF

References


Darmalaksana, Wahyudin. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf.

Eka, Lina Retnaningsih dan Ummu Khairiyah, Kurikulum Merdeka Pada Anak Usia Dini, SELING Jurnal Program Studi PGRA, Universitar Islam Lamongan, Vol. 8 No. 2, Juli 2022.

Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D, Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri, (2021).

Hamad. Lebih Dekat Dengan Analisis Wacana. Jurnal Komunikasi, 2007 Kemendikbud RI, 2021.

Moleong, L. Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007).

Munawar, Muniroh, Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Tinta Emas, Vol. I No. I, Mei 2022, https://doi.org/10.35878/tintaemas/v1.i1.390.

Muthmainnah, S. Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di SD Emirattes. (Islamic School Bintaro Pesanggrahan dan SDI Al-Azhar 5 Kemandoran Jakarta Selatan., 2022).

Rahardjo, Maria Melita dan Maryati, S, Pengembangan Pembelajaran PAUD, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021).

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.

Wahyaningsih, Sulistyati, D. M, S., & Wijania, I. W. Buku panduan guru proyek profil pelajar Pancasila. (2021).

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan No. 008/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini pada Kurikulum merdeka.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460

Article Metrics

Abstract view : 606 times
PDF - 1598 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.