Dampak Habituasi Guru PAUD Dalam Membirama Lagu Pada Anak Usia Dini

Munaisra Tri Tirtaningsih, Usep Kustiawan, Pramono Pramono

Abstract


Permasalahan klasik yang masih marak ditemui dalam hal membirama lagu oleh guru merupakan fenomena yang perlu medapat perhatian besar dari para pendidik, khususnya pemerhati dan pendidik dalam bidang musik. Hasil observasi di kecamatan Karangploso Kota Malang menunjukan 98 persen guru pada setiap gugus masih belum memahami teknik birama, khususnya pada aktivitas menyanyi bersama anak didik. Melalui wawancara pada guru-guru PAUD di tempat penelitian, guru yang terlibat dalam organisasi masyarakat belum memahami teknik birama dalam aktivitas bernyanyi pada acara formal, seperti menyanyikan Indonesia Raya dan Mars PKK serta lagu Nasional lainya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis dampak yang ditimbulkan dari habituasi guru paud dalam membirama lagu serta menemukan akternatif solusi pada permasalahan penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologis dengan menggali informasi dari berbagai sumber data primer penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan habituasi guru dalam membirama lagu bersama anak memberikan pengalaman dan persepsi birama yang tidak tepat sehingga kesalahan dalam membirama berdampak pada pemahaman yang keliru pada anak samapai anak dewasaa kelak dan menjadi kesalahan masal dan turun temurun. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan memberikan pemahaman yang mendalam terhadap guru tentang teori dasar birama, dengan pola drill dengan variasi lagu dan birama.

Full Text:

PDF

References


Campbell, don. 2010. Efek Mozart. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Creswell, John. (2007). Qualiitative Inquiry and Research Design. London: Sage.

Hardjana, S. 1983. Estetika Musik. Jakarta : Depdikbud. 2004. Antara Kritik dan Apresiasi. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara

Hasbi, Muhammad,dkk.. Bermain Musik dan Gerak (Jakarta: Direktorat PAUD:2020 Mansyur, M. (2007). Identifikasi Kesulitan Calon Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Mempelajari Musik. Perspektif Ilmu Pendidikan, 15(VIII), 40 - 45. https://doi.org/10.21009/PIP.151.6

Yulisetiana, (2017) Pelatihan Dasar seni Musik Untuk Guru Musik Sekolah Dasar. “Membangun Tradisi Inovasi Melalui Riset Berbasis Praktik Seni dan Desain” FBS Unesa 196131-ID-pelatihan-dasar-seni-musik-untuk-guru-mu_1-libre.pdf (d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net)




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52462

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.