Studi Kelayakan Pengembangan Model Pembelajaran TLPIE berbasis Drawing-Coloring Art untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Anak

Mutia Afnida, Suparno Suparno, Pujiriyanto Pujiriyanto, Hajar Pamadhi, Gracia Mandira

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu aspek kemampuan yang sangat diperhatikan pada zaman kini, termasuk sejak usia dini. Stimulasi kemampuan berpikir kreatif anak dapat dilakukan dengan merancang model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak. Maka dari itu, tujuan dilakukan penelitian ini salah satunya adalah untuk mengetahui aspek materi atau tahapan pelaksanaan kegiatan dari model pembelajaran TLPIE berbasis Drawing-Coloring Art dan menganalisis hasil uji kelayakan produk. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Produk divalidasi oleh dua kelompok expert judgement dan guru PAUD. Dari hasil yang diperoleh, tahapan kegiatan model pembelajaran TLPIE terdiri dari lima tahapan yaitu Thinking Routines, Orientation, Planning Activities, Implementation, dan Evaluation. Desain ini dapat digunakan dengan basis kegiatan lainnya dan ragam pengembangan aspek kemampuan anak.

Full Text:

PDF

References


Adri, M., Sri Wahyuni, T., Zakir, S., & Jama, J. (2020). Using ADDIE Instructional Model to Design Blended Project-Based Learning based on Production Approach Blende Project- Based Learning Based on Production Approach on Software Engineering Course View project Micro-Learning Project on Entrepreneurship View pr. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06), 1899–1909. https://www.researchgate.net/publication/341178504

Aisyah,Siti dkk, Pembelajaran Terpadu (Jakarta:Universitas Terbuka,2009).

Alvestad, T., & Sheridan, S. (2014). Preschool teachers ’ perspectives on planning and documentation in preschool. Early Child Development and Care, 185(3), 377–392. https://doi.org/10.1080/03004430.2014.929861

Andriyanto, S. S. (Ed.). (2023). PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN. Lakeisha.

Anwar, N., Romadhon, T. N., Sandro, A., & Khikmawanto. (2023). Peran guru fasilitator, pembelajaran, kreativitas siswa. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.240

Branch, R. M. (2014). Instructional design: the ADDIE approach. Springer Science & Business Media.

Broström, S., Johansson, I., Sandberg, A., & Frøkjær, T. (2014). Preschool teachers’ view on learning in preschool in Sweden and Denmark. European Early Childhood Education Research Journal, 22(5), 590–603. https://doi.org/10.1080/1350293X.2012.746199

Dajani, M. M. Y. (2016). Using Thinking Routines as a Pedagogy for Teaching English as a Second Language in Palestine. Journal of Educational Research and Practice, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.5590/JERAP.2016.06.1.01

Danoebroto, S. W. (2017). Interaksi budaya dan perkembangan kemampuan berpikir matematis ditinjau dari teori vygotsky dan teori bruner. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(7), 480–488. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V4.7-08- Danoebroto.pdf

Direktorat PAUD, Permendiknas Tentang Standar PAUD, (Jakarta: 2010).

Dodi, N. (2016). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pendidikan Bagi Anak Usia Dini dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Educative: Journal of Education Studies, 1(2), 154–167.

Ekawati, M. (2019). Teori Belajar menurut Aliran Psikologi Kognitif serta Implikasinya dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. E-Tech, 07(IV), 1–12. https://doi.org/10.1007/XXXXXX- XX-0000-00

Fossie, C. (2016). How do experts and novices think about climate change? thinking routines as learning and assessment tools. Harvard University.

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Feriyanto, Junaidi, Nurlaila, Q., Rahmi, H., Cahyati, A., Wahyudi, Ratnadewi, Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran (R. Agustianti & Hamdani (Eds.)). TOHAR MEDIA.

Isti`adah, F. N. (2020). TEORI-TEORI BELAJAR DALAM PENDIDIKAN (R. Permana (Ed.)). EDU PUBLISHER.

Jackman L. Hilda. Early Education Curriculum. A Child’s Connection to The World. (Canada: Nelson Education, 2012).

John, A Van De Walle, Pengembangan Pengajaran Matematika, (Jakarta: Erlangga, 2008).

Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2016). Models of teaching (9th ed.). Pustaka Pelajar. Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Lestari KW, Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini (Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia DIni ,2011).

Masitoh dkk, Strategi Pembelajaran TK ( Jakarta: Universitas Terbuka,2005). Moleong,Lexi. Action Research,(Jakarta: PPS-UNJ,2003).

Mutiah, Diana. Psikologi Berrmain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Nevanen, S., & Juvonen, A. (2014). Kindergarten and school as a learning environment for art. International Journal of Education through Art, 10(1), 7–22. https://doi.org/10.1386/eta.10.1.7

Nurlina, Nurfadilah, & Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (H. Bancong (Ed.)). LPP UNISMUH Makasar.

Papandreou, M. (2014). Communicating and thinking through drawing activity in early childhood. Journal of Reasearch in Childhood Education, 28, 85–100. https://doi.org/10.1080/02568543.2013.851131

Pearsall, M. J. (2015). Overcoming asymmetric goals in teams : the interactive roles of team learning orientation and team identification. Journal of Applied Psychology, 100(3), 735– 748.

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Root, S. (2015). Understanding Thai Culture: Exploring the Effect of Academic Stress in Students’ Learning Orientation. ASEAN Journal of Management & Innovation, 3(2), 41–45. https://doi.org/10.14456/ajmi.2016.16

Standar Nasional Pendidikan Anak Sujiono,Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta:Indeks,2012). Sujiono, Yuliani Nurani, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak ( Jakarta: PT.Indeks, 2010). Susan Speery Smith, Early childhood mathematics, (United states of America: Pearson, 2011).

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini- Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya ( Jakarta: Prenada Media Group, 2012)Usia Dini, Pub. L. No. 137 Tahun 2014 (2014).

Saumantri, T. (2022). Keispan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 23(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.3094.2022

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana: Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 19(3), 1–16. https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/wacanasaraswati/article/view/35

Tarman, B., & Tarman, L. (2015). Teachers’ involvement in children’s play and social interaction. Ilköğretim-Online, 3(1), 43–58. https://doi.org/10.1080/1350293X.2012.746199

Vygotsky, L. S. (2016). Play and its role in the mental development of the child. International Research in Early Childhood Education, 7(2), 3–25.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.

Widiyoko, E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.

WinataPutra,S. Udin. Teori Belajar dan Pembelajaran (Tangerang Selatan: Universitas terbuka, 2012).

Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 90–98. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456

Ylitapio-mäntylä, O. (2013). Reflecting caring and power in Early Childhood Education: recalling memories of educational practices. Scandinavian Journal of Educational Research, 57(3), 263–276. https://doi.org/10.1080/00313831.2011.637230




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52463

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.