Penerapan Kegiatan Seni Rupa untuk Menanamkan Sikap Tanggungjawab Anak Usia 5-6 Tahun

Nurul Kusuma Dewi, Dwi Ani Atun, Ninik Ari Astuti

Abstract


Penelitian tindakan kelas memiliki tujuan mengembangkan sikap tanggungjawab anak usai 5 sampai 6 tahun. Pelaksanaan penelitian PTK (penelitian tindakan kelas) menerapkan model Kemmis dan Tagrat. Subjek penelitian merupakan anak usia 5 hingga 6 tahun sebanyak 12 anak. Penelitian dilaksanakan di kelompok B, sentra sains dan bahan alam TK Angkasa Lanud. Adi Soemarmo. Teknik pengumpulan data menerapkan metode dokumentasi, wawancara serta pengamatan/observasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif (Milles dan Huberman). Data penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan sikap tanggung jawab anak yang ditunjukan pada kegiatan pembelajaran, anak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru berupa menyelesaikan hasil karya dari bahan alam. Indikator sikap tanggungjawab yang meningkat pada siklus 2, meliputi: (1) sikap tanggungjawab anak dalam menyelesaikan tugas mencapai 84,61%; (2) sikap tanggugjawab menjaga barang milik pribadi mencapai 69,23%; (3) sikap tanggungjawab melaksanakan perintah mencapai 76,92%; dan (4) tanggungjawab menggunakan waktu dengan tepat mencapai 92,30%

Full Text:

PDF

References


Aprillia. Konsepso Pendidikan Seni Rupa di Taman Kanak-Kanak. Volume VIII (1). (2014).

Azwarna dan Mayar, Farida. Pembelajaran Seni melalui Media Jerami pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 3 (6). (2019).

Dewi, Nurul Kusuma dan Surani. (2018). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahuan melalui kegiatan seni rupa. Jurnal Pendidikan anak Volume 7 (2). https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333. (2018).

Dirjen PAUDNI. Pedoman Kurikulum 2013. (Jakarta: Kemdikbud, 2013).

Halimatussadiah; Rohedi, Edi; dan Halimah, Leli. (2017). Pengembangan Karakter Tanggungjawab Anak melalui Kegiatan Cooking Class. Cakrawala Dini (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini) Volume 8 (1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10552. (2017).

Hartono. Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Kompetensi pada Anak Usia Dini. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni Volume VIII (1). (2017).

Hutami, Selistia dan Jumiatin, Dedah. Upaya Meningkatkan Sikap Tanggungjawab melalui Metode Storytelling pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ceria: Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif Volume 4 (3). (2021).

Juwita, Rika; Munajat, Asep; dan Elnawati. Mengembangkan Sikap Tanggungjawab Melaksanakan Tugas Sekolah melalui Metode Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Sukabumi. Jurnal Utile (Jurnal Kependidikan) Volume V (2). https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.503. (2019).

Kusnanto, Raden Angga Bagus. Paradigma Pendidikan Seni; Belajar melalui Seni dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Volume 6 (2). https://doi.org/10.36706/jtk.v6i2.9933. (2019).

Mulyani, Novi. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. (Jakarta: Rosda, 2017).

Oktari, V. M. Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (2018).

Salsabila, Jihan dan Nurmaniah. Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age Volume 5 (2). https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3334. (2021).

Suyadi. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. (Jakarta: Rosda, 2015).

Wibowo, Devi Vionitta dan Nugraheni, Aninditya Sri. Implementasi Pembelajaran Kreatif Seni Rupa Anak PAUD Berbasis Daring. Jurnal Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni Volume 19 (2). https://doi.org/10.21831/imaji.v19i2.37344. (2021).




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52560

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.