Permainan Aquatik Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini

Setiyo Utoyo, Stefany Yunita Putri

Abstract


Motorik kasar adalah gerakan yang dihasilkan dari kemampuan mengontrol otot-otot besar dalam melakukan kegiatan. Apabila hal ini kurang dikembangkan maka akan terjadi ketidak optimalan pada anak dalam menstimulus tumbuh kembangnya. Kegiatan aquatik atau kegiatan di dalam air memiliki peran penting dalam perkembangan anak-anak. Air memberikan lingkungan yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak untuk berinteraksi, bermain, dan belajar. Kegiatan aquatik dapat meliputi berenang, bermain air, serta latihan dan permainan di dalam kolam atau perairan lainnya. Pada artikel ini membahas pelaksanaan kegiatan aquatik pada anak-anak dan pentingnya meningkatkan perkembangan fisik, mental, dan sosial anak. Kegiatan aquatik tidak hanya memberikan kesenangan bagi anak-anak, tetapi juga memiliki manfaat jangka panjang dalam membentuk keterampilan motorik, kepercayaan diri, dan kolaborasi antara sesama. Hasil menyajikan gambaran umum mengenai kegiatan aquatik pada anak-anak, termasuk tujuan dan manfaat yang diperoleh kemampuan motorik anak lebih optimal

Full Text:

PDF

References


Lutfi Nur, Anne Harfina, Nandang Rusmana, Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik (Universitas Pendidikan Indonesia), Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 1, Januari 2020.

M. Syarif Sumantri dkk, Metode Pengembangan Fisik, Universitas Terbuka, 2021.

Reni Novita Sari, M. Nasirun, Delrevi D., Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B PAUD Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong, Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (1).

Shinta Apriliani, “Efektifitas Pembelajaran Renang (Gaya Bebas) Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak di TK Al-Furqon Rembang”, Universitas Negeri Semarang, Tahun 2018 .

Setiyo Utoyo dkk, Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini: Pengembangan Fundamental Movement Skill (FMS) Pada Anak, Jurnal Obsesi, Volume 5 No 1, 2021.

Yudha Febrianta, Alternatif Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini dengan Aktivitas Akuatik (Berenang), di akses dari http://ejournal.uin- suka.ac.id/tarbiyah/alathfal, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 2, No. 2, Desember 2016.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52565

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.