Penggunaan Bermain dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak

Winda Widyasari, Anita Yus

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang bagaimana implementasi bermain dalam pembelajaran di TK. Secara khusus tujuan kajian ini adalah (1) mendeskripsi jenis bermain, (2) mengidentifikasi bahan bermain, dan (3) mendeskripsi aktivitas bermain dalam pembelajaran. Pengumpulan data penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode angket yang diberikan kepada 105 orang guru TK, dilanjutkan wawancara terpumpun (FGD), dan analisis dokumen pada 9 orang guru TK di Kabupaten Deli Serdang. Data dianalisis dengan rumus persentase dan analisis kualitatif dengan cara mengkait-kaitkan data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat beberapa jenis bermain yang digunakan guru dalam pembelajaran, dan umumnya guru menggunakan bermain sensoris (mencampur warna, mewarnai, dan menempel), serta bermain peran atau simbolik, sedang bermain konstruksi jarang sekali digunakan dalam pembelajaran dan umumnya digunakan pada saat bermain bebas, (2) bahan bermain yang sering digunakan adalah pewarna, kertas dan daun, sesekali menggunakan clay dan cairan, serta bahan untuk bermain peran, misalnya berperan profesi, dan (3) aktivitas bermain yang sering digunakan adalah kegiatan yang berkaitan dengan bermain sensorimotor. Hasil penelitian ini berimplikasi pada upaya perbaikan pelaksanaan pembelajaran dengan integrasi bermain

Full Text:

PDF

References


Ahadi Muh, Ihwan Azhari , Anita Yus, (2021). The traditional Game-Based Thematic teaching materials in improving students’ social competence. International Journal of Research and Review Vol.8; Website: www.ijrrjournal.com

Alfaeni Dina Kusumanita Nur, Euis Kurniati, (2023). Redefine the Concept of Play in Early Childhood Education., Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/51942 Vol 14 No 1

Baumer Sonja. (2013). Play Pedagogy and Playworlds. article. USA: Encyclopedia on Early Childhood Department University of California at San Diego. https://www.child-encyclopedia.com/pdf/expert/play/according-experts/play-pedagogy-and-playworlds

Chard, S. (2014). The Project Approach. Retrieved from http://www.projectapproach.org

Cahyani Agnes Dhear Nur, (2017). Penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika I-63 Padang, https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.503 Vol 1 No 1

Desi Murniati Siregar, Eva Martina Simatupang, Timbul Amar Hotib Harahap, Anita Yus, dan Aman Simaremare,. (2022). Analisis Efektifitas Model Belajar Bermain Berbasis Proyek Tema Lingkunganku Pendidikan Anak Usia Dini, JISH: Journal Ilmu Social and Humanities https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453 Vol 1 No 1

Dwi Septi Anjas Wulan, Winda Widya Sari, Anita Yus. (2019). Video Analysis of Project Learning Models in Early Childhood Education Programs by Prospective Teacher Early Childhood. Proceeding ICONSEIR 2019 December 17, Medan, Indonesia http://DOI.org/10.4108/eai.17-12-2019.2296026

Erfayliana Yudesta, (2016). Aktivitas bermain dan perkembangan jasmani anak trampil, Jurnal Pendidikan dan pembelajaran dasar, Vol 3 No 1 https://doi.org/10.24042/terampil.v3i1.1334

Formen, A., & Nuttall, J. (2014). Tensions between discourses of development, religion, and human capital in early childhood education policy texts: The case of Indonesia. International Journal of Early Childhood, 46(1), 15–31

Hughes P.Fergus., (2010). Children, play, and development. USA: SAGE Publications, Inc.

Jackman L. Hilda, 2009. Early Education curriculum a child’s connection to the world, fourth edition, Australia: Delmar Cengage Learning

Kessel, Julie. (2018). Let Our Children Play: The Importance of Play in Early Childhood Education, University of Montana Journal of Early Childhood Scholarship and Innovative Practice, Vol 2 Issu 1 Article 5

Lubis Rahmat Rifai, Nurhayati Hasibuan, Rina Winarsih, Irawati. (2020). Model-model permainan AUD di rumah studi deskriptif di TK Aisyiah Kp Dadap selama pandemic covid-19, Jurnal Kumara Cendekia https://jurnal.uns.ac.id Vol 8 no 3

Mildred, B. Patren. (1935). Social play among preschool children. New York: Herron & B Sutton-Smith (eds)

Nielsen, D.M. (2008). Teaching young children, preschool-k: A guide to planning your curriculum, teaching through learning center, and just about everything else. (Febrianti Ika Dewi, Trans). Jakarta: Indeks

Oktari Vanni Miza, 2017., Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/503 Vol 1 no 1

Piaget, J. (1962). Play, dreams, and imitation in childhood. New York: W. W. Norton

Rahayu Evi, Syahri Ramadhan, Nelia Guswati, Roby Seprya, Inmaryanto,. (2022) Penggunaan Alat Peraga Edukatif Media Tanah Liat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan - Jurnal Pendidikan dan Konseling: https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan Vol 5 no 1

Roopnarine, Jaipaul L dan James E Johnson. (2005). Approach to early childhood education fourth edition, Colombus, Ohio: Pearson Merril Prentice Hall

Rosidah Anfa Kamilatul, Hani Hashipah , Wafa Tajul Arifah, Risbon Sianturi, (2023). Analisis dan Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Outdoor di TK Negeri Pembinan Kota Tasikmalaya., Jurnal Usia Dini, https://jurnal.unimed.ac.id vol 9 no 1

Samuel Kai Wah Chu., Rebecca B. Reynolds Nicole J. Tavares, Michele Notari Celina Wing Yi Lee., (2017). 21st Century Skills Development Through Inquiry-Based Learning From Theory to Practice, Singapura: Springer Science+Business Media Singapore

Sirima, Pinyoanyntapong. 2013. A Model for Promoting the Development of Basic Dharma Traits in Preschool Children, Asia-Pacific Journal of Research in early Childhood Education, 7. 3 (45 – 67)

Syamsuardi, (2012). Penggunaan alat permainan edukatif (APE) di Taman Kanak-kanak Polewali Kecamatan Tanate Riattang Barat Kabupaten Bone, Jurnal Publikasi, https://ojs.unm.ac.id Volume II No. 1

Tegar Dita Widyayekti dan Rachma Hasibuan,.(2020). Hubungan bermain taman lalu lintas dengan perilaku prososial anak usia dini di TK Taman Ceria Surabaya, Jurnal PAUD Teratai, Volume 9 Nomor 1. https://ejournal.unesa.ac.id

Utami, A. D., Fleer, M., & Li, L. (2020). Shift in teachers’ pedagogical practices in play-based programme in Indonesia. International Journal of Early Years Education, 28. https://doi.org/10.1080/09669760.2020.1777846

Wolfgang, Charles H., Bea Mackender and Mary E. Wolfgang, 1981. Growing & Learning Through Play. United States of America: Judy/ instructor.

Yus Anita, Inayah Hanum, Abdul Harris Handoko. (2012). Pengembangan model bermain simbolik berbasis kompetensi dan berkonteks cerita rakyat sebagai strategi pendidikan karakter anak usia dini. Laporan Penelitian, Medan: FIP UNIMED

Yus Anita, (2013). Bermain sebagai kebutuhan dan strategi pengembangan pengembangan diri anak, Jurnal Ilmiah Visi Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, Vol 8, Issu 2, pp 153-158 DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.0802.9

Yus Anita. (2017). How Teachers Comprehend and Support Children's Needs to be Scientists, Proceeding, Atlantis Pres: The 3rd International Conference on Early Childhood Education 2016, Vol 58

Yus Anita, Kamtini. (2018). Eksplorasi Penggunaan Bermain Simbolik untuk Membantu Perkembangan dan Belajar Anak di Taman Kanak-Kanak, Journal: Early Childhood Education Journal of Indonesia, V 1 Issu 1, pp 44-51

Yus Anita, dan Winda Widya Sari, (2020). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Kencana.

Yus Anita, dan Putri Cuancy Saragih (2023). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan Bahasa ekspresif anak usia dini, Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia, DOI: 10.31004/obsesi.v7i2.3186 Vol 7 No 2




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52568

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.