Pendidikan Inklusi Bidang Musik Bagi Anak Tunanetra Usia Dini

Yusrafiddin Yusrafiddin, Sri Ayu Kurnia

Abstract


Selama ini, belum banyak dikembangkan pendidikan inklusi bagi anak tunanetra usia dini. Artikel ini sebagai kontribusi penyadaran bagi seluruh pelaku pendidikan anak usia dini terhadap kelangkaan fasilitas pendidikan di lembaga pendidikan inklusi bagi anak tunanetra. Kesadaran akan fasilitas pendidikan inklusi untuk bidang musik, selain perlu segera direalisasi, juga perlu dipayungi oleh kebijakan-kebijakan filosofis, yuridis, dan teoritis. Untuk itu, artikel ini dibuat dalam pendekatan best practice, guna menghasilkan kesadaran bagi pemangku kebijakan hingga pelaksana pendidikan inklusi bagi anak tunanetra usia dini. Diperlukan supporting system yang tepat guna dan tepat sasaran untuk mengatasi masalah pendidikan bagi anak tunanetra usia dini, dengan memanfaatkan kombinasi teknologi digital dan teknologi konvensional di bidang pendidikan musik. Artikel ini dilahirkan melalui beberapa tahap kegiatan, mulai studi pendahuluan (pengamatan lapangan),studi pustaka, hingga penulisan artikel ini dibuat

Full Text:

PDF

References


Challis, B.P. (2000). Design Principles for Non-Visual Interaction. In CHI 2000 Extended Abstracts. Tersedia http://www.benchallis.com/research.htm (27 Februari 2003)

Choksi, L. et al. (1986) Teaching Music In The Twentieth Century, New Jersey USA: Prentice Hall.

Kodaly, Zoltan. (2000), The Kodály Concept of Music Education. (Online) Tersedia: http://www.kodaly-inst.hu/baltart.html (6 Januari2003).

Mc.Cann, William.R. (2003), Music Touch From Dancing Dots Taaching Braille Music with SAL, Anual CSUN Technology and Persons with Disabilities Conference 2003, 3 halaman. Tersedia http://www.csun.edu/cod/conf/2003/proceedings/302.htm (11 September 2004).

Quatraro, Antonio. (2000), Projects on Access to Music Scores. The Work of The Regina Margherita Italian Library for the Blind in Two European Projects Concerning Access to Musical Material. (Online). 1st EBU International Conference on Education, 19-23 July 2000, Montegrotto Terme (Padua) – Italy, 3 halaman. Tersedia http://www.icevi-europe.org/topics/ebu2000/music.html (3 Maret 2003).

Quatraro, Antonio. (2002), Music Literacy and Its Role in The Education of Visually Handicapped : New Technological Solutions, International Conference on Education Visually Impaired-WC2002 – Italy, 7halaman. Tersedia http://www.icevi.org/publications/ICEVI-WC2002/papers/09-topic/09-quatraro.htm (11 September 2004).

Smaligo, A Mary (1998). Resources for Helping Blind Music Students, Music Educator’s Journal, a national journal published by the Music Educators National Conference (MENC). In September, 1998, 4 halaman.Tersedia http://www.nfb.org/fr/fr2/frsp9905.htm (3 Maret 2003).




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52569

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.