Metode At-Taisir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat Al- Bayyinah Pada Anak Di Tkq Al-Quds Pandeglang

Nina Nurmayadewi, Elis Haerani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui penerapan metode at-taisir dalam menghafal Al-Qur’an pada anak usia 5-6 tahun di TKQ Al.Quds Menes Pandeglang Tahun Ajaran 2021-2022. Subjek penelitian ini berjumlah 13 anak. Metode penelitian tindakan kelas, dengan cara observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan data yang telah diperoleh, peneliti menganalisis data tersebut dengan menggunakan analisis deskriptif yang mendeskripsikan hasil temuan di lapangan terkait perencanaan, pelaksanaan pembelajaran menghafal Al- Qur’an. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptip yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra tindakan, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan menghafal surat Al-Bayyinah dengan menggunakan metode At-Taisir dapat dibuktikan dengan rata-rata tingkat capaian perkembangan pada pra tindakan sebesar 39, mengalami peningkatan pada siklus pertama menjadi 73,5 dan siklus kedua 95

Full Text:

PDF

References


A. Qosim. 2008. Hapal Al-Qur’an Dalam Sebulan. Solo: Qiblat Press.

Abu Raihan dan Ummu Raihan. 2005. Mencetak Hafidz Cilik, Meniti Jejak La Ode Musa (Pemegang Rekor Muri dan Juara MHQ Internasional), Solo: Gazzamedia.

Adhim, Muhammad Fauzil.2014. Segenggam Iman Anak Kita, Yogyakarta: Pro-U Media.

Arikunto, Suharsimi.2009. Perencanaan Pembelajaran. Surakarta: Citra Pustaka.

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta. Aqib, Zaenal.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Aryoso, Wirah & Saeful Hermawan. 2013. Kamus Pintar Bahasa Indonesia, Jakarta:Pustaka Makmur.

El Fitriyani.2019. Sahabat Rasulullah Penghafal Alquran dan Hadits, Jakarta: Al-Fatih Press.

Fathin Masyhud dan Ida Husnur Rahmawati, op. cit., hlm. 111

Hidayah, Aida. 2017. Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Ilmu-ilmu al-Qur’an dan Hadist. No. 1 th. XVIII

Gayo, Nogarsyah Moede. 2007. Buku Pintar Islam. penerbit: Jakarta, Ladang Pustaka dan Intimedia.

Hartini Sam’s, Rosman. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Teras.

Hidayah, Nurul dan Royana Afwani 2019. Jurnal Rancang Bangun Aplikasi Bantu Hafal Al-Qur’an Metode At-Taisir Berbasis Android (J-COSINE, Vol. 3, No. 1)

Hidayat, Adi.2018. Muslim Zaman Now (Metode At Taisir 30 Hari Hafal Al-Qur’an, Bekasi: Institut Quantum Akhyar.

Hidayat, Adi.2019. At-Taisir Mushaf, Bekasi: Institut Quantum Akhyar

Hidayat, Adi. 2020. Metode At-Taisir 30 hari hafal Al-Qur’an. Bekasi : Institut Quantum Akhyar.

Hidayat, Adi. 2020. Sesi Kelas Perdana Sekolah Terbuka Usahakan Al-Qur'an Hafal, Masjid Al-Azhar

Jaka permai Bekasi (https://www.youtube.com/watch?v=2W1t4dylj4g&list=PL3iW_rlEoH5LlynmmRoX9rGQROYotFxad&inde x=2) diakses pada kamis,26 mei 2022.

Kisah Sahabat Penghafal Qur’an, (https://www.dompetdhuafa.org/post/detail/9554/kisah- sahabat-penghafal-qur%E2%80%99an), diakses pada hari Kamis 26 Mei 2022, pukul 09:43.

Kurnaedi, Abu Ya’la.2014. Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i, Jakarta: Pustaka Imam Asy- Syafi’i.

Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran.2014. Tafsir Alquran Tematik, Jakarta: Kamil Pustaka.

Mashud, Imam. 2019. Meningkatkan Kemampuan Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VIB Sekolah Dasar

Islam Yakmi Tahun 2018, Naturalistic: Jurnal Kaj an dan Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3, No. 2.

Masyhud, Fathin dan Ida Husnur Rahmawati.2014. Rahasia sukses : 3 hafizh ilik mengguncang dunia . Surabaya:Zikrul Media Intelektual.

Musrofi, Muhammad. 2008. Melejitkan Potensi Otak, Yogyakarta: Insan Madani.

Nawawi, Imam.2006. Tarjamah Riyadhus Shalihin Jilid 2, Terjemah oleh Agus Hasan Bashori Al- Sanuwi dan Muhammad Syu’aib Al-Faiz Al-Sanuwi, Surabaya: Insan Kamil.

Nurmurmi, Sitti.2015. Hakekat dan Tujuan Hidup Manusia dan Hubungannya Dengan Tujuan Pendidikan Islam, Al-Irsyad Al-Nafs, Volume 2, Nomor 2, Desember 2015.

Pedoman Kurikulum Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA/TKQ) dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA/TPQ) yang dicetak oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal

Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tahun 2013 https://pontren.com/(diakses pada Kamis, 26 mei 2022)

Rahmi Damis. 2011. Istiqāmah Dalam Perspektif Hadis. Jurnal Al-Fikr.

Sisdiknas.2007. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Susianti, Cucu. 2016. Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al- Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi , Vol.2 No.1.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52597

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.