Pengembangan Media Animals Suitcase Sebagai Media Stimulasi Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini

Van Biaila Rizkina, Mirawati Mirawati, Dede Trie Kurniawan

Abstract


Kecerdasan naturalis pada anak usia dini merupakan salah satu aspek penting yang perlu distimulasi pada anak usia dini, salahsatunya ditujukan agar dapat membentuk pribadi anak yang peka dan peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Animals Suitcase yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam menstimulasi kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini menggunakan metode dan desain penelitian Educational Design Research (EDR) dengan tahapan analisis dan identifikasi kebutuhan pengembangan media, desain dan pengembangan media, hingga tahap uji kelayakan dan kesesuaian media serta tahap uji coba media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Animals Suitcase meliputi permainan ineteraktif seperti kartu pengenal, poster tempel habitat hewan, kartu interaktif mengenal makanan hewan, puzzle susun hewan, serta poster tempel lindungi hewan bertema hewan Endemik Indonesia. Adapun hasil uji kelayakan media diperoleh dengan kategori sangat baik. Setelah diujicobakan secara terbatas, media ini dapat membantu stimulasi kecerdasan naturalis anak dengan memberikan kesempatan pada anak untuk berinteraksi, berkolaborasi serta menggunakan keterampilan proses dan sikap sains dalam pengenalan life science.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, E. N. (2014). Inovasi media pembelajaran bagi kecerdasan jamak anak taman kanak-kanak. Jurnal PAUD, 1(3), 141-212.

Alifah, R., Ahmadi, F., & Wardani, S. (2017). Using sets approach on cognitive learning achievement and naturalist intelligence of elementary school fourth grade students. Journal of Primary Education, 6(3), 233-241.

Farhurohman, O. (2017). Hakikat bermain dan permainan anak usia dini di pendidikan anak usia dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 27-36.

Hasan, dkk (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group

Irwansyah, T. R., dkk. (2021). Media Pembelajaran PAUD Tinjauan Teori dan Praktis. Widina.

Jamaris, M. (2014). Pengembangan Instrumen Baku Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 25(2), 123-137.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126.

Nani, S., & Sumantri, M. A. (2018). Pengaruh permainan outbound adventure terhadap pengembangan kecerdasan naturalis anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak dan Pembelajaran, 5(2), 30-38.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Plomp, Tj. (Tjeerd), & Nieveen, N. M. (2013). An introduction to educational design research: proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007. SLO.

Rosiyanah, Yufiarti, S. M. M. (2021). Pengembangan media stimulasi sensori anak usia 4-6 tahun berbasis aktivitas bermain tujuh indera. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941-957.

Tekerop, E. P., Elisabeth, Istiniah., Munte, A. (2022). Kontribusi kecerdasan naturalis anak menurut filosofi jean-jacques rousseau: Studi Literatur. Journal Elmentary Education, 1 (2), 52-63.

Thomas, G. (2013). Enhancing young children's naturalistic intelligence through outdoor learning. International Journal of Early Years Education, 21(4), 337-349.

Wahyuni, S. (2020). Implementasi pembelajaran eksplorasi alam dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 51-61.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52608

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.