Pengenalan Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini Melalui Edugame Berbasis Science Technology Engineering Art and Mathematics (STEAM)

Ratu Yustika Rini, Novita Sari, Havid Surya, Siti Kholifah, Popi Dayurni

Abstract


Indonesia menduduki peringkat kelima untuk angka kematian paling tinggi yang disebabkan oleh bencana alam. Pengenalan mitigasi bencana menjadi kebutuhan yang wajib dilakukan melalui kegiatan yang anak gemari. Penelitian dengan tema mengenalkan mitigasi bencana pada anak usia dini melalui edugame berbasis STEAM memiliki tujuan untuk mengurangi resiko terjadinya bencana alam yang dapat dilakukan atas kelalaian manusia, dan anak mampu melindungi dirinya dari ancaman bencana. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Hasil Kesimpulan dari penelitian adalah edugame mitigasi bencana berbasis STEAM dapat mengenalkan langkah yang harus dilakukan anak ketika berada dalam situasi bencana dan dampak terjadinya bencana alam. Rekomenasi pada penelitian lanjutkan ialah adanya edugame yang focus membuat langkah-langkah kelestarian alam yang bertujuan mencegah terjadinya bencana

Full Text:

PDF

References


E. Sudarmilah and D. I. Nurrahim, “EduGame Sejarah Islam Masuk Indonesia,” J. PROtek, vol. 3, no. 2, 2016.

J. Brooke, SUS - A quick and dirty usability scale. 1996.

M. S. Khairy, D. Herumurti, and I. Kuswardayan, “Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. II, no. 2, pp. 42–48, 2016.

Makrifah, F. N., & Sudarmilah, E. (2019). Game edukasi mitigasi bencana gunung meletus “petualangan guntur”. Jurnal PROtek, 6(1).

Margorini, S., & Rini, R. Y. (2019, May). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains, Teknologi, Teknik Dan Matematika (STEM) Pada Anak Usia Dini: Kajian Literatur Terhadap Pandangan Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 96-105).

Muyasaroh, S. M., & Sudarmilah, E. (2019). Game edukasi mitigasi bencana kebakaran berbasis android. Jurnal PROtek Vol, 6(1).

Rini, R. Y., & Syaodih, E. (2020, March). Analysis of Teacher's Readiness in Implementing Learning Based on Science Technology Engineering and Mathematical in Children of Early Age. In International Conference on Elementary Education (Vol. 2, No. 1, pp. 1011-1019).

Rohman, I. Y., & Endah Sudarmillah, S. T. (2016). Game Edukasi Penyelamatan Korban Bencana Gempa Bumi Berbasis Multiplatform (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rini, R. Y., Mutaqin, M. F. T., & Fajari, L. E. W. (2022). Implementasi STEAM dalam Mengkonstruksi Kesetaraan Gender pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6661-6674.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52618

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.