Transisi PAUD SD : Implementasi Program pengenalan Sekolah Dasar di Taman Kanak-Kanak

Susan Maulani, Shinta Mutiara

Abstract


Masa transisi PAUD SD merupakan tonggak yang sangat penting dalam kehidupan anak, banyak anak yang memiliki kesulitan dalam menghadapi lingkungan baru juga miskonsepsi dalam implementasi penerimaan siswa baru dan implementasi pembelajaran pada masa transisi. Salah satu solusi program masa transisi PAUD SD adalah program pengenalan Sekolah Dasar di Taman Kanak-kanak (TK). Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi  implementasi program pengenalan SD di TK Asfhiya Kota Bandung. Penelitian ini meggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan anak-anak TK Ashfiya. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pengenalan sekolah adalah salah satu program transisi PAUD SD di TK Ashfiya dilakukan dalam pembelajaran selama satu hari mulai dari penyambutan siswa TK, Morning Assembly, Shalat Dhuha Bersama di kelas 1 & 2, Keliling SD Ashfiya dan melakukan pembelajaran Bersama SD kelas 1 dan 2. Diharapkan program ini memiliki dampak yang positif untuk anak-anak TK dalam menghadapi masa transisi ke SD

Full Text:

PDF

References


Ahtola, A., et.al. Transition to formal schooling: Do transition practices matter for academic performance?. Early childhood research quarterly, 26(3), 295-302. (2011).

Al-Hezam, D. M. The impact of digital technology on children's transition from kindergarten to primary school: Bringing concepts from international research and practice to Saudi Arabia. Waikato Journal of Education, 22(2). (2017).

Faridah, I., dkk. Bahan Ajar Program Transisi PAUD-SD. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal PAUD, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (Jakarta: 2021).

Helen Ch. Carida Planning and implementing an educational programme for the smooth transition from kindergarten to primary school: the Greek project in all-day kindergartens, The Curriculum Journal, 22:1, 77-92, (2011)

Kemendikbudristek. Penguatan Transisi PAUD SD (Jakarta : 2022)

Kemendikbudristek. kemampuan fondasi adalah hak setiap anak. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/transisipaudsd/ (2023)

Kemendikbudristek. Paparan Mendikbudristek Merdeka Belajar Episode Ke-24, https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2023/03/Paparan%20Mendikbudristek%20Merdeka%20Belajar%20Episode%20Ke-24.pdf (2023) diunduh pada tanggal 12 Agustus 2023

Lee, S., & Goh, G. Action Research to Address the Transition from Kindergarten to Primary School: Children's Authentic Learning, Construction Play, and Pretend Play. Early Childhood Research & Practice, 14(1), n1. (2012)

Loizou, E. Empowering aspects of transition from kindergarten to first grade through children’s voices. Early Years, 31, 43–55. (2011)

Margetts, K., & Phatudi, N. C. Transition of children from preschool and home contexts to grade 1 in two township primary schools in South Africa. European Early Childhood Education Research Journal, 21(1), 39-52. (2013)

Skouteris, H., et.al. Preschool children's transition to formal schooling: The importance of collaboration between teachers, parents and children. Australasian Journal of Early Childhood, 37(4), 78-85. (2012)

Sink, C. A., et.al. Helping children transition from kindergarten to first grade. Professional School Counseling, 10(3), (2007)

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2010)

Zhao, X. Transition from kindergarten to elementary school: Shanghai’s experience and inspiration. Creative Education, 8(3), 431-446. (2017)




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52619

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.