Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak 5-6 Tahun Pada Kelompok B Di Tk Yapis Merauke

Nurul Fatwa H Sitti Umayyah, Hariani Fitrianti, Trinovianto G R Hallatu, Cristiana Normalita de Lima

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi    terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Yapis Kabupaten Merauke. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Instrumen yang  digunakan yaitu berupa kuisioner/angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan perlakuan (treatment) dan melihat hasil perbandingan pretest dan posttest.  pemilihan sampel menggunakan teknik proposional random sampling sehingga diperoleh kelas B1  yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Analisis data  penelitian dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diuji untuk menentukan normalitas data dengan  menggunakan uji One Sample Kolmogorov Smirnov untuk setiap varibel dan  diperoleh nilai signifikansi 0,54 untuk variable metode demonstrasi,dan 0,74 untuk variable sosial emosional. Setelah itu dilanjutkan uji t  dan  diperoleh hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap metode demonstrasi   dengan kemampuan sosial emosional  anak dengan kategori  sangat tinggi. Berdasarkan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa  pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan sosial emosional anak usia  5-6 Tahun TK Yapis Merauke masuk kedalam  positif dan  tergolong  dalam kategori sangat tinggi.

Full Text:

PDF

References


Aprilia,S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Emosi Pada Anak Di Taman Kanak Kanak Mayang Dharma Wanita Kecamatan Tampan Kabupaten Pekanbaru . Full Skripsi, 6-7.

Luh, P. A. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. Universitas Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, 12, Hal 4.

Muhammad Yaumi Dk. (2013). Prinsip Prinsip Desain Pembelajaran. (Jakarta : Pt Fajar Interpertama), Hal 231.

N. L. (2018). Implementasi Metode Demonstrasi Menggunakan Media Bahan Alam Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Dini Di Tk Pgri Sukarame Bandarlampung. Skripsi Full Qwe, 9-10.

Ni Luh, G. K. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Permainan Tradisional Juru Pncar Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.

Sunarsi. (2012/2013). Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah 3 Mojo, Andong Boyolali. Universitas Muhamadiyah Surakarta, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .PP

Kristanto, V.H.(2018). Metodologi penelitian pedoman penulisan kasya tulis ilmiah (KTI). Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.

Nazir,M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Santosa, D.B,& Ashari. (2005). Analisis Statistik dengan Mocrosoft Excel & SPSS. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfabeta,cv.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52622

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.