Pengaruh APE Tangram Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di RT 07 RW 03, Kelurahan Kertajaya, Surabaya
Anita Roslina Simanjuntak, Sarah Ivana Merdianto
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh APE tangram terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RT 7 RW 3, Kelurahan Kertajaya, Kota Surabaya. Adapun jenis penelitian menggunakan penelitian ekperimen one group pretest-posttest design. Sebanyak 14 anak yang berusia 5-6 tahun di RT 7 RW 3, Kelurahan Kertajaya, Kota Surabaya menjadi subjek penelitian yang dipilih dengan teknik sampling purposive. Penentuan teknik sampling purposive yaitu minimal anak mempunyai 4 kriteria perkembangan motorik halus diantaranya anak kesulitan memegang alat tulis, menggunting sesuai pola, menempel, meniru bentuk pola, menggambar sesuai proporsi, serta menyusun benda ke bentuk lain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data penghitungan kemajuan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun menggunakan rumus N-Gain yaitu sebanyak 11 anak berada dalam klasifikasi gain tinggi sedangkan 3 anak berada dalam klasifikasi gain sedang. Adapun berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan nilai signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa nilai Thitung (3,678) > Ttabel (1,771), berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa APE tangram memiliki pengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RT 7 RW 3, Kelurahan Kertajaya, Kota Surabaya
References
Afandi, A. (2019). Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.
Gresik: Caremedia Communication
Jakni. (2016). Metodelogi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mutfi, N. N., Pranata, O. H., & Wahid M., M. R. (2020). “Studi Literatur: Tangram sebagai Media Pembelajaran Geometri”. Jurnal KajianPendidikan Dasar, Volume 5, Nomor 2, Juli 2020: 93-99.
Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
DOI:
https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52776
Article Metrics
Abstract view : 79 times
PDF - 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah
Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.