Evaluasi Hasil Outcome dan Meningkatkan Minat Satuan PAUD Mengikuti Akreditasi Berbasis SISPENA 3.1 di BAN PAUD dan PNF Provinsi Kalimantan Timur

Heppy Liana, Hasbi Sjamsir

Abstract


Akreditasi satuan pendidikan adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja suatu program Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi hasil akreditasi satuan PAUD berbasis SISPENA 3.1 di BAN PAUD dan PNF Provinsi Kalimantan Timur. Meliputi 1) Mengevaluasi komponen outcome dan 2) Mendeskripsikan bagaimana cara untuk meningkatkan minat satuan PAUD mengajukan penilaian prasyarat akreditasi (PPA) ke BAN PAUD dan PNF berbasis SISPENA 3.1. Metode penelitiannya adalah studi evaluatif/evaluasi dengan menggunakan model evaluasi Stake Responsive. Subjek penelitian meliputi satuan PAUD kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur yang mengajukan akreditasi pada periode 2021 yang berbasis SISPENA 3.1 dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi dan studi dokumen serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan hasil RAKORNAS dan MoU tentang kuota akreditasi BAN PAUD dan PNF Kaltim 2021 sebanyak 250 satuan dan sudah sesuai dengan dengan kuota bahkan ada tambahan kuota. Pelaksanaan akreditasi online berbasis SISPENA 3.1 sudah sesuai dengan tugas pokok PAA, KPA, Visitasi, Validasi dan Verifikasi akreditasi. 1) BAN PAUD dan PNF Kaltim dapat memenuhi kuota akreditasi tahun 2021 sesuai pemetaan dari BAN PAUD dan PNF, bahkan melebihi dari kuota yang ditentukan yaitu dari 250 satuan menjadi 279 (ada penambahan 29 satuan) dan ada kuota sample acak sejumlah 74 satuan serta Sekolah Penggerak sebanyak 8 satuan, sehingga total keseluruhan adalah 361 satuan 2) Untuk Meningkatkan minat satuan PAUD mengikuti Akreditasi yang dilakukan adalah : a) Memberikan Reward and Punishment dalam kegiatan akreditasi merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi satuan untuk mengikuti program akreditasi BAN PAUD dan PNF, b) Memberikan kemudahan dalam mengurus perpanjangan izin operasional   satuan PAUD dan PNF yang akan mengikuti akreditasi, c) Memberikansosialisasi secara mandiri untuk satuan yang siap dan mau mengikuti akreditasi baik sosialisasi instrumen dan upload dokumen di SISPENA 3.1, Mendampingi satuan dalam proses pengajuan akreditasi.

Full Text:

PDF

References


A. A. R. Awaludin, 2017. Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia, SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 2, no. 1, Aug. 2017, doi: 10.30998/sap.v2i1.1156.

Abidin, Hafsah. 2018. Penggunaan Model Evaluasi Responsive Stake Pada Program Pembelajaran. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan p-ISSN 2338-9680 | e-ISSN 2614-509X | Vol. 6 No.

Abma, 2005. Responsive evaluation: Its meaning and special contribution to health promotion. The Netherland : Elsevier

Achyar, M. 2021. Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam Di Saung Ilmu Desa Pelakat Kabupaten Muara Enim. bab 1_achyar.pdf (radenfatah.ac.id)

Arikunto & Abdul Jabar.2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto. Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Asopwan, D. (2018). Studi Tentang Akreditasi dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review.

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini aan Pendidikan Nonformal. 2019. Refleksi, Introspeksi Dan Proyeksi Akreditasi PUAD dan PNF Tahun 2018-2019. Website

: www.banpaudpnf.or.id

Bandiyono, Hamzah, dan Hidaya: Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Pegawai dalam Jurnal Ekonomi/Volume XXVI, No. 01 Maret 2021: 50-65, DOI: http://dx.doi.org/10.24912/je.v26i1.684

Blondy, Laurie C. 2007. Evaluation and Application of Andragogical Assumptions to the Adult Online Learning Environment. Journal of Interactive Online Learning. Vol. 6(2).

Blouin, D., Tekian, A., Kamin, C., & Harris, I. B. (2018). The impact of accreditation on medical schools’ processes. Medical Education. https://doi.org/10.1111/medu.13461

Bryant, M. (2013). International Accreditations as Drivers of Business School Quality Improvement. Journal of Teaching in International Business. https://doi.org/10.1080/08975930.2013.860345

Cahyana, A.dan Subekti, A. 2021. Pelatihan Aplikasi Sistem Untuk Akreditasi 2021. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/berita/pelatihan-aplikasi-sistem-untuk-akreditasi- 2021

Can, E. (2016). Open and distance education accreditation standards scale: Validity and reliability studies. International Journal of Environmental and Science Education.

Dian Rustandi, Novi Rukhviyanti, Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada Grand Aquila Hotel Bandung, 2020

http://epub.imandiri.id/repository/docs/journal/JURNAL%20DIAN%20RUSTANDI%20

-%20381743001.pdf

Eliza. Febriyani, Jhoni. W. 2021. Akreditasi Satuan PAUD Berbasis Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA). Journal of Science and Technology. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jostech

Enung Hasanah, Sukirman Sukirman, et.al. 2021. Implementasi Akreditasi dalam Perspektif Guru dan Kepala Sekolah di Yogyakarta. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862). DOI: http://dx.doi.org/10.36312/jime.v7i3.2250

Evaluasi hasil akreditasi sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah dki jakarta, Yulian Dinihari, Muchlas Suseno, Samsi Setiadi, 2021

Evaluasi Penilaian Pelaksanaan Standar Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM) di Rumah Sakit, Elise Garmelia, Siswati Siswati, Sri Sugiarsi (2020)

Evaluating accreditation , Charles D. Shaw, 2003, Evaluating accreditation

Fitzpatrick, Jody L., J. R. Sanders, dan B. R. Worthen. 2004. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Boston: Pearson Education.

H. Wijoyo, 2020. Socialization Of The Accreditation Asessment System (SISPENA) Of The National Accreditation Board For Early Childhood Education (PAUD) And Non Formal Education (PNF) In Bengkalis, Riau Province,” J. Humanit. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 103–111, 2020.

Hasanah, U. 2016. Analisis Hasil Akreditasi Sekolah Di NTB. https://www.academia.edu/32318425/ANALISIS_HASIL_AKREDITASI_SEKOLAH_ DI_NTB_TAHUN_2016

Hasiara, L. (2018). Penelitian Multi Kasus dan Multi Situs. Penerbit IRDH, Malang Jawa Timur ixxiint, 276.

https://academic.oup.com/intqhc/article/15/6/455/1823662 https://doi.org/10.1093/intqhc/mzg092

https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/RMIK/article/view/6432

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/11306/6478

https://www.researchgate.net/profile/Christoph- Hauert/publication/234014495_Reward_and_punishment/links/02e7e51a64c567522e000 000/Reward-and-punishment.pdf01

Jaedun, Amat. 2010. Metode Penelitian Evaluasi Program. Lemlit. UNY. Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569339/pengabdian/penelitian-evaluasi-program.pdf

Kirkpatrick, Donald, L. 2015. Learning Evaluation Model. Available http://www.businessballs.com/ kirkpatricklearningevaluationmodel.htm

Kirkpatrick, Donald, L. dan Kirkpatrick, James D. 2006. Evaluating Training Programs: The Four Levels . San Francisco: Berrett-Koehler.

Layane Thomas Mabasa. 2013. A responsive evaluation approach in evaluating the safe schools and the child-friendly schools programmes in the Limpopo province. Philosophy in social Science methods at Stellenbosch University.

M. Djamal, 2006. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Mansur, 2013. The Application of Andragogical Principles In Education and Training: Evaluation Through Stake’s Responsive MODEL. Jurnal Evaluasi Pendidikan Vol. 4, No. 1, Maret 2013, 94-10

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Montagu, D. 2003. Accreditation and Other External Quality Assessment Systems for Health Care. DFID Health Systems Resource Centre, Working Paper.

Muri Yusuf, 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muryaningsih, Sri., et.al. 2020. The Critical Role of Sispena (Accreditation Assessment System) In Improving The Quality of PAUD Educational Institutions

Oktaria, Renti, dkk. 2019. Evaluasi Hasil Akreditasi PAUD. Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jece.v1i2.13761 JECE, 1 (2), Desember 2019, 16-28

R. F. Muldiani, et.al. 2020. Peningkatan Manajemen Mutu Pos PAUD Melati 10 dan Kenanga 12 Menuju Persiapan Akreditasi PAUD,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 1, p. 25, 2020, doi: 10.30999/jpkm.v10i1.758.

Reward and punishment, Karl Sigmund, Christoph Hauert, and Martin A. Nowak, Article in Proceedings of the National Academy of Sciences · August 2001,

Scriven, M. dan Stufflebeam (eds.). 2007. Evaluation Models. Massachusetts: Kluwer Academic Publisher.

Stake, Robert E. (1983). Program Evaluation, Particularly Responsive Evaluation Model.

Stufflebeam, Daniel L. dan Shinkfield, Anthony J. 2007. Evaluation Theory, Models, and Application. San Francisco: Jossey-Bass.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Untuk Penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suryana. 2007. Tahap-tahapan Penelitian Kualitatif Mata Kuliah Analisis Data Kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Yarbrough, Donald B., et. al. 2010. Joint Committee on Standards for Educational Evaluation: The Program Standards: A Guide for Evaluators and Evaluation Users. California: Sage Publication.

Aisyah,Siti dkk, Pembelajaran Terpadu (Jakarta:Universitas Terbuka,2009). Direktorat PAUD, Permendiknas Tentang Standar PAUD, (Jakarta:2010)

Jackman L. Hilda. Early Education Curriculum. A Child’s Connection to The World. (Canada: Nelson Education, 2012)

John, A Van De Walle, Pengembangan Pengajaran Matematika, (Jakarta: Erlangga, 2008),

Lestari KW, Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini (Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia DIni ,2011).

Masitoh dkk, Strategi Pembelajaran TK ( Jakarta: Universitas Terbuka,2005). Moleong,Lexi. Action Research,(Jakarta: PPS-UNJ,2003).

Mutiah, Diana. Psikologi Berrmain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Sujiono,Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta:Indeks,2012).

Sujiono, Yuliani Nurani, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak ( Jakarta: PT.Indeks, 2010).

Susan Speery Smith, Early childhood mathematics, (United states of America: Pearson, 2011).

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini- Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya ( Jakarta: Prenada Media Group, 2012)

WinataPutra,S. Udin. Teori Belajar dan Pembelajaran (Tangerang Selatan: Universitas terbuka, 2012).




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52777

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot