Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5- 6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak

Zulminiati Zulminiati, Ummi Salamah, Diah Yuliyani

Abstract


Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak, peneliti menemukan fenomena bahwa masih rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Puzzle Tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasy eksperimental. Hasil penelitian terlihat bahwa, pada kelompok eksperimen lebih berpengaruh signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini pada usia 5 samp[ai 6 tahun di Taman Kanak-kanak. Dengan menggunakan media Puzzle Tanggram anak mengenal bentuk- bentuk geomettri, anak- anak aktif dengan rasa ingin tahu yang tinggi dapat memecahkan masalah, serta dapat meningkatkan kreatifitas anak

Full Text:

PDF

References


Ariesta, Riany. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar Anak Untuk Anak Usia 0-1 Tahun. (Bandung: PT. Sandiarta Sukses, 2009)

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

. . . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Asdar, Fatimah, Ayu Rahayu. Pengembangan kemampuan geometri anak usia dini melalui Media Puzzel Tangan. (Unisba, 2021)

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011)

Fadlillah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD. (Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2012)

Ismail, Andang. Education Games Panduan Praktis Permainan yang Menjadika Anak Anda Cerdas, Kreatif, dan Saleh. (Yogyakarta: Pro-U Media, 2009)

Ramli, M. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005)

Rustiyanti, Desi Wahyu. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Geometri Pada Anak Kelompok A Di TK Arum Puspita Triharjo Pandak Bantul. Hal. 21-38 . (Journal Skripsi.: UNY, 2014)

Sriyanto. Happy Whit Match, Cetakan 1. (Yogyakarta: Percetakan GalangPress, 2007)

Sudarna. PAUD Berkarakter Melejitkan Kepribadian Anak Secara Utuh (Kecerdasan Emosi, Spirit, dan Sosial). (Jogjakarta: Genius Publisher, 2014)

Sugiyono. Metode Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2009)

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: PT Indeks, 2013)

Syafril. Statistika. (Padang: Sukabina Press, 2010)

Tilong, D Adi. Lebih Dari 40 Aktivitas Perangsangan Otak Kanan dan Kiri Anak Bisa Lebih Canggih. (Jogjakarta: Diva Press, 2014)

Triharso, Agung. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini 30 Permainan Matematika dan Sains. (Yogyakarta: Andi, 2013)

Wijaya, Surya, dkk. Eksplorasi Matemetika Yang Mengasyikkan Untuk Tingkat SD/MI. (Tangerang: PT Kandel, 2007)

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. (Padang: UNP Press, 2013)




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52778

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.