Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Authorware 7.0 untuk Siswa Kelas 1 SD

Resti Elma Sari, Rahmi Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran tematik sesuai dengan kriteria kelayakan media menggunakan aplikasi Macromedia Authorware 7.0 untuk pembelajaran tematik kelas I SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model prosedural menggunakan Interactive Multimedia (IMM) development model dengan subjek penelitian empat orang responden yang terdiri dari dua orang validator ahli media dan dua orang validator ahli materi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validitas angket dengan kriteria yang meliputi aspek materi dan aspek media. Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk media pembelajaran pada aspek materi termasuk kategori validitas valid. Sedangkan pada aspek media termasuk kategori validitas sangat valid dan dapat dikatakan layak untuk diproduksi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka media pembelajaran ini layak digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran di kelas I SD.


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika, VIII. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Gava Media.

Ekayani, N. L. P. (2017). PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Farida, S. (2011). Media Pembelajaran Menulis Submateri EYD Dengan Macromedia Authorware 7.0 Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA.

Kenardy, J. (1996). Professional Development Update. Clinical Psychologist, 1(1), 10–11. https://doi.org/10.1080/13284209608521003

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download

Phillips, R. (2013). The Developer’s Handbook of Interactive Multimedia. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315041889

Pratiwi. (2022). Analisis Hasil Uji Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Biologi di SMA. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8854

Setyono. (2008). Computer Assisted Instruction Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 6.0. Ardana Media.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Wanabuliandari, S. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization Dengan Macromedia Authorware Materi Segi Empat Kelas VII SMPN 3 Kudus. Refleksi Edukatika, 5(2). https://doi.org/10.24176/re.v5i2.590




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52779

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.