Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Literasi Anak Kelompok B pada Program Sekolah Pengerak di TK Anatapura Lolu Kabupaten Sigi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ratnasari Dwi Ade Chandra. 2017. “Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember.” Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) 2 (1): 62–71. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71.
Laely, Khusnul. 2013. “Melalui Penerapan Media Kartu Gambar PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta Kalinegoro dengan cara dipaksakan yaitu anak.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7 (2): 1–20. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/45.
Syekhnurjati. 2018. “Hubungan Gerakan Literasi dengan minat baca siswa kelas VII di SMP Negeri Kota cirebon,” 8–22.
Awlaa, Syahriyatul. 2017. “Peran Keluarga (Nuclear Family Dan Extended Family) Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Di Paud Surabaya.” Journal Dinamika Pendidikan 53 (9): 1689–99.
Vira Septina. 2011. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Karyawisata Di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Mutiara hati Kota Jambi.” Meningkatkan Kemampuan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Karyawisata Di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Mutiara hati Kota Jambi 44 (8): 1689–99.
Silfana, Erna. 2018. “Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Tebak Kata.” Fip Umj, 127. https://ecampus-fip.umj.ac.id/umj/AmbilLampiran?ref=13947&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain&iframe=true.
Nofrienti, Leni. 2012. “Kemampuan peningkatan membaca anak melalui metode fonik di taman kanak-kanak islam adzkia bukittinggi.” Pesona Paud 1 (1): 1–10.
Utari, Unga, I Nyoman Sudana Degeng, dan Sa’dun Akbar. 2016. “Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 1 (1): 39–44. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039.
Ade Chandra, R, D. (2017) Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal,A, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini3- 4 Tahun PAUD Labschool Jember. IKIP PGRI Jember
Aryanti, L. (2022). Penerapan Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Lisan di Kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 01. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.
Artina. (2016). Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B1 TK Alkhairaat Tondo Kecamatan Mantikulore. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.
Ayu, SM. (2018). Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di AR-Raudah Playgrup and Kindergarten Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung Sovia.masayu@radenintan.ac.id
Kurniawan, D. (2014) pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung Alfabeta.
Pratiwi, D. (2021). Penerapan Kegiatan Meronce Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Kelompok A TK PGRI 1 Kaleke Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.
Fadillah. (2017). Peranan Metode Karyawisata Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Harapan Sienjo Kecamatan Toribulu. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.
Fadilah. M., (2012). Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta Ar-Ruzz.
Fadillah, Muhammad. (2016). Desain Pembelajaran PAUD: Tinjuan Teoritik & Praktik. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Fatmah. (2016). Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Melalui Metode Karyawisata Di Kelompok B TK AL-Khairaat Toaya Vunta Kabupaten Donggala. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Lasmini. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Metode Karyawisata Di Kelompok B TK Harapan Palu. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.
Leni Nofrienti. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Fonik di Taman Kanak-Kanak Islam Adzkia Bukit Tinggi. Jurnal Pesona PAUD
Mansur. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maulidiya, Ulva & Suryadi. (2013). Konsep Dasar PAUD.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Cetakan Kedua November 2013.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung: PT. Remaja Rosidakarya.
Peraturan Menteri Nomor 137 Tentang Standar Pendidikan Snak Usia Dini.[online]. (19 Desember 2019, 22:59 Wita)
PERMENDIKBUD, (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PERMENDIKNUD.
Puspita, RD. (2020). Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Sekolah Dasar (SD). Universitas Pendidikan Indonesia STKIP Sebelas April Indonesia. mubiar@upi.edu
Roestiyah NK. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Silvi Julianai. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Di TK Islam An-Nahal Tangerang. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Suryadi, dkk. (2013). Pesikologi Belajar Paud. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abad
Susanto, A. (2017). Perkembagan Anak Usia Dini. Jakarta: Media Group.
Suyanto, Jihad, Asep. (2013). Menjadi Guru Profrssional: Straregi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta: Erlangga.
Septina, v. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Karyawisata Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mutiara Hati Kota Jambi. Prongram Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Virgiana, Y. (2017). Perilaku Meniru Anak Usia Dini Sebagai Akibat Dari Aktivitas Menonton Film Kartun Kesukaan. Studi Kasus Terhadap Anak Usia 4-6 Tahun di Perum Griya Sekargading Kelurahan Kalisegoro. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Semarang.
Wiyani, Ardy Novan. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yokyakarta: Gava Media [online] Tersedia: https://ipusnas.id
DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52781
Article Metrics
Abstract view : 101 timesPDF - 117 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.