Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Literasi Anak Kelompok B pada Program Sekolah Pengerak di TK Anatapura Lolu Kabupaten Sigi

Fitriana Fitriana, Andi Agusniatih, Nurhusnitasari Nurhusnitasari

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan metode karyawisata terhadap kegiatan literasi anak di kelompok B. Jenis penelitian deskriptif, Subjek penelitian adalah seluruh anak kelompok B TK Anatapura Lolu Kabupaten Sigi yang berjumlah 12 anak, terdiri 7 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil rekapitilasi kegiatan literasi anak sebelum diberikan perlakuan aspek kemampuan bercerita kategori BSH 16,67%, kategori MB 25 %,  dan kategori BB 58, 33%. Aspek kemampuan membaca gambar kategori BSH 16,67 kategori MB 33,33%, dan kategori BB 50%. Aspek kemampuan mengenal huruf kategori BSH 25%, kategori MB 33,33%, kategori BB 41,67%. Sesudah perlakuan aspek kemampuan bercerita kategori BSB 33%, kategori BSH 50%, kategori MB 25%, kategori BB 16,67%. Aspek kemampuan membaca gambar kategori BSB 8,33%, kategori BSH 58,33%, Kategori MB 16,67%, kategori BB 16,67%. Aspek kemampuan mengenal huruf kategori BSB 16,67%, kategori BSH 41,67%, kategori MB 25%, kategori BB 16,67%. Rata-rata Sesudah diberikan perlakuan terjadi peningkatan terdapat 11,11% kategori BSB, 50% kategori BSH, 22,22% kategori MB, 16,67% kategori BB

Full Text:

PDF

References


Ratnasari Dwi Ade Chandra. 2017. “Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember.” Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) 2 (1): 62–71. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71.

Laely, Khusnul. 2013. “Melalui Penerapan Media Kartu Gambar PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta Kalinegoro dengan cara dipaksakan yaitu anak.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7 (2): 1–20. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/45.

Syekhnurjati. 2018. “Hubungan Gerakan Literasi dengan minat baca siswa kelas VII di SMP Negeri Kota cirebon,” 8–22.

Awlaa, Syahriyatul. 2017. “Peran Keluarga (Nuclear Family Dan Extended Family) Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Di Paud Surabaya.” Journal Dinamika Pendidikan 53 (9): 1689–99.

Vira Septina. 2011. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Karyawisata Di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Mutiara hati Kota Jambi.” Meningkatkan Kemampuan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Karyawisata Di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Mutiara hati Kota Jambi 44 (8): 1689–99.

Silfana, Erna. 2018. “Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Tebak Kata.” Fip Umj, 127. https://ecampus-fip.umj.ac.id/umj/AmbilLampiran?ref=13947&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain&iframe=true.

Nofrienti, Leni. 2012. “Kemampuan peningkatan membaca anak melalui metode fonik di taman kanak-kanak islam adzkia bukittinggi.” Pesona Paud 1 (1): 1–10.

Utari, Unga, I Nyoman Sudana Degeng, dan Sa’dun Akbar. 2016. “Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 1 (1): 39–44. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039.

Ade Chandra, R, D. (2017) Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal,A, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini3- 4 Tahun PAUD Labschool Jember. IKIP PGRI Jember

Aryanti, L. (2022). Penerapan Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Lisan di Kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 01. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.

Artina. (2016). Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B1 TK Alkhairaat Tondo Kecamatan Mantikulore. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.

Ayu, SM. (2018). Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di AR-Raudah Playgrup and Kindergarten Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung Sovia.masayu@radenintan.ac.id

Kurniawan, D. (2014) pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung Alfabeta.

Pratiwi, D. (2021). Penerapan Kegiatan Meronce Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Kelompok A TK PGRI 1 Kaleke Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.

Fadillah. (2017). Peranan Metode Karyawisata Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Harapan Sienjo Kecamatan Toribulu. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.

Fadilah. M., (2012). Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta Ar-Ruzz.

Fadillah, Muhammad. (2016). Desain Pembelajaran PAUD: Tinjuan Teoritik & Praktik. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Fatmah. (2016). Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Melalui Metode Karyawisata Di Kelompok B TK AL-Khairaat Toaya Vunta Kabupaten Donggala. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Lasmini. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Metode Karyawisata Di Kelompok B TK Harapan Palu. Prongram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tandulako.

Leni Nofrienti. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Fonik di Taman Kanak-Kanak Islam Adzkia Bukit Tinggi. Jurnal Pesona PAUD

Mansur. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maulidiya, Ulva & Suryadi. (2013). Konsep Dasar PAUD.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Cetakan Kedua November 2013.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung: PT. Remaja Rosidakarya.

Peraturan Menteri Nomor 137 Tentang Standar Pendidikan Snak Usia Dini.[online]. (19 Desember 2019, 22:59 Wita)

PERMENDIKBUD, (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PERMENDIKNUD.

Puspita, RD. (2020). Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Sekolah Dasar (SD). Universitas Pendidikan Indonesia STKIP Sebelas April Indonesia. mubiar@upi.edu

Roestiyah NK. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Silvi Julianai. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Di TK Islam An-Nahal Tangerang. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suryadi, dkk. (2013). Pesikologi Belajar Paud. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abad

Susanto, A. (2017). Perkembagan Anak Usia Dini. Jakarta: Media Group.

Suyanto, Jihad, Asep. (2013). Menjadi Guru Profrssional: Straregi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta: Erlangga.

Septina, v. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Karyawisata Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mutiara Hati Kota Jambi. Prongram Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Virgiana, Y. (2017). Perilaku Meniru Anak Usia Dini Sebagai Akibat Dari Aktivitas Menonton Film Kartun Kesukaan. Studi Kasus Terhadap Anak Usia 4-6 Tahun di Perum Griya Sekargading Kelurahan Kalisegoro. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Semarang.

Wiyani, Ardy Novan. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yokyakarta: Gava Media [online] Tersedia: https://ipusnas.id




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52781

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.