Upaya Guru Dalam Menangani Perilaku Agresif Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dahlia Indah

Sri Mahrani Syafa Harahap, Suri Handayani Damanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menangani kecenderungan perilaku agresif pada anak usia 4-5 tahun di TK Dahlia Indah.  Perilaku agresif merupakan perilaku yang meliputi tindakan verbal maupun fisik.  Tindakan agresif diasumsikan sebagai cara anak untuk mengekspresikan rasa marah, kecewa dan kesal yang ada dalam diri anak. Perilaku agresif ditunjukkan dengan berupa penyerangan, seperti marah, menggigit, mencubit, memukul, menendang dan lainnya. Upaya yang dilakukan guru dalam menangani perilaku agresif pada anak khususnya di lingkungan sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak kedepannya. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam menangani perilaku agresif anak dilakukan dengan empat langkah yaitu, memberi dorongan, memberi penguatan, memberi hadiah dan memberikan ketegasan pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menangani anak guru lebih cenderung memberikan dorongan dan penguatan dengan cara yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data digunakan dengan menggunakan teknik triangulasi yang melewati beberapa proses yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan

Full Text:

PDF

References


Ksumawardani, S. (2023). Perilaku Agresif Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Sekolah Kelurahan Glugur Darat Ii Kota Medan Skripsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 3, 30–36.

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. KENCANA.

Nadila, P., & Izzati. (2019). Gambaran Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Alam Minangkabau. Jurnal Warna, 3(1), 1–5.

Rambe, N. A., & Marbun, S. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Gowokan terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara. Jurnal Usia Dini, 3(1), 32–42.

Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF. ALFABETA.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. PRENADA MEDIA GROUP




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52782

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.