Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Team Based Project Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini

Dwi Septi Anjas Wulan, Isa Hidayati, Winda Widyasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan mahasiswa dalam membuat media dan sumber pada anak usia dini melalui bahan ajar pada mata kuliah media dan sumber terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa pada mata kuliah media dan sumber belajar untuk anak usia dini. Diharapkan dengan terciptanya bahan ajar pada mata kuliah media dan sumber belajar untuk anak usia dini akan mempermudah mahasiswa dalam menguasai kompetensi yang ingin dicapai pada mata mata kuliah media dan sumber belajar untuk anak usia dini dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis kegiatan pembelajaran pada tugas nyata berbasis team based project melalui mata kuliah media dan sumber belajar untuk anak usia dini. Berdasarkan bahan ajar berupa buku yang sesuai dengan kebutuhan perkuliahan yang mengintegrasikan secara baik materi tugas nyata berbasis team based project. Pengembangan bahan ajar tersebut akan dilaksanakan menggunakan metode pengembangan oleh Borg & Gall. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba bahan ajar dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan memenuhi kreteria sangat baik dan memenuhi pada kualifikasi sangat layak. Hasil analisis menunjukan rata-rata presentasi 80,3% pada kualifikasi baik.

Full Text:

PDF

References


Fauziyah, D. N., & Anistyasari, Y. (2020). STUDI LITERATUR PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA E-BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA PENDIDIKAN TINGGI. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 406–416.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2006). Educational Research: An

Introduction, 8th Edition. Educational An Introduction.

Hammond, J. S. (1980). Learning by the case method. Harvard Business SchoolBoston, MA. Holzinger, A., Dorner, S., Födinger, M., Valdez, A. C., & Ziefle, M. (2010). Chances of increasing youth health awareness through mobile wellness applications. Symposium of the Austrian HCI and Usability Engineering Group, 71–81.

Johnson, R. T., & Johnson, D. W. (1986). Cooperative learning in the science classroom Science and Children, 24(2), 31–32.

Khairrani, A. (2019). E-Book sebagai media pembelajaran di masa depan.

Kothari, C. (2004). Research methodology: methods and techniques. In New Age International. https://doi.org/http://196.29.172.66:8080/jspui/bitstream/1234567

/2574/1/Research%20Methodology.pdf

Laws, S., Harper, C., Jones, N., & Marcus, R. (2013). Research for development: A practical guide. Sage




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52783

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.