Kesiapan TK Di Kecamatan Medan Petisah Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Wan Nova Listia, Nina Afria Damayanti, Elya Siska Anggraini, Isa Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesiapan sekolah Taman Kanak-kanak yang berada di kecamatan Medan Petisah untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana teknik pengumpulan data atau informasi melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi yang terkumpul nantinya akan dianalisis secara kualitatif menggunakan Teknik analisis data yang kembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan disimpulkan bahwa rata-rata sekolah TK yang berada di kecamatan Medan Petisah berada di kategori cukup siap mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar, dimana setiap sekolah akan mulai mencoba menerapkan kurikulum merdeka tersebut pada Tahun Ajaran 2023/2024. Selain itu, salah satu penyebab rata-rata sekolah berada di kategori cukup siap dikarenakan adanya peran aktif pemerintah pusat maupun praktisi kurikulum dalam memberikan pelayanan berupa sosialisasi kurikulum merdeka di sekolah TK.


Full Text:

PDF

References


Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Menyusun Cerita Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Anugerah, 4 (1), 43-49

Rahardjo, Maria, dkk. (2021). Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Purnama, Sigit, dkk. (2022). Kurikulum & Pembelajaran PAUD. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati, R. F. (2022, August). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ABA V Gondang manis Kudus. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 1-10).

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif asesmen autentik sebagai alat evaluasi dalam merdeka belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53-61.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52843

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.