Kelayakan Modul Digital Berbasis Project Pada Mata Kuliah Musik Anak Usia Dini

May Sari Lubis, Anada Leo Virganta, Putra Afriadi

Abstract


Latar belakang pada penilitian ini adalah belum tersedianya bahan ajar pada mata kuliah musik anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah agar tersedianya modul digital berbasis team base project pada mata kuliah musik anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan R&D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Teknik analasis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengukuran yang yang digunakan pada pengumpulan data menggunakan skala Likert. Evaluasi dilakukan oleh 2 ahli, yaitu ahi media dan materi . ahli media digunakan sebagai pemberi saran terkait modul ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adapun penilaian validator ahli media dan ahli materi skor secara keseluruhan yaitu 3,2 dan 3,5 secara kualitatif dikategorikan sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk modul digital berbasis base team project sangat layak untuk dilakukan uji coba lapangan.

Full Text:

PDF

References


Dayani WD, Agustina R, Vahlia I.(2021) Pengembangan Modul Pop Up Book Berbasis Rme (Realistic Mathematic Education) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Madrasah Tsanawiyah El-Qodar. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2(2).

Depdikbud. (1996). Musik dan anak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Tenaga Akademik.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Departemen Pendidikan Nasional.

Didik Ardi Santosa, (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini. PAWIYATAN XXVI Vol 1. 78-88.

Fitri Setyo Ningrum, RS,TS (2022). Peran Pembelajaran Musik melalui Project Based Learning terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 6 (2).

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. Educational An Introduction

Hidayatullah Riyan. 2022. Pendidikan Musik:Sebuah Pendekatan Pembelajaran untuk Anak di Era 4.0. Jakarta: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Hille, A., & Schupp, J. (2015). How learning a musical instrument affects the development of skills. Economics of Education Review, 44(7655), 56-82. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2014.10.007

Lwin, May dkk. 2008, How to Multiply Your Child’s Intelligence, Jakarta: Indeks.

Murni Eva marlina R (2019). Tantangan Pembelajaran Musik pada Era Digital. Gondang:Jurnal Seni dan Budaya, Vol 3(2).

Musbikin, Imam (2009). Kehebatan Musik Untuk Mengasah Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Power Books.

Niswati Khoiriyah, S. S. S. (2017). Pemanfaatan pemutaran musik terhadap psikologis pasien pada Klinik Ellena Skin Care di Kota Surakarta. Jurnal Seni Musik, 6(2), 81–90.

Nur siyam (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Metode Team Based Project dengan pendeketan Active Learning pada Mata Kuliah dasar Epidemiologi. Jurnal Profesi Keguruan. Vol 7(2).

Setyaningsih Haryati Nas dkk (2022). Desaun Pembelajaran Virtual Mata Kuliah Apresiasi Prosa dengan Model Team Base Project. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 11(1)




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52950

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.