Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka

Zulkarnaen Zulkarnaen, Junita Dwi Wardhani, Sri Katoningsih, Tri Asmawulan

Abstract


Tujuan dari artikel ini yaitu menganalisis manfaat Project Based Learning (PBL) pada anak usia dini, dan implementasinya dalam kurikulum merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan Metode literatur review. Diperoleh hasil bahwa PBL dapat meningkatkan kreativitas, pola hidup bersih dan sehat, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, kecerdasan visual spasial, dan keterampilan sosial siswa. PBL juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kolaborasi, inisiatif, kemandirian, dan berpikir kritis, yang sesuai dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Beberapa teori yang berkaitan dengan PBL, seperti konstruktivisme, teori belajar sosial, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis proyek, juga dibahas. PBL dapat membantu siswa mengembangkan kreativitas dan kemampuan analitis, logis, dan kritis dalam pemecahan masalah. PBL juga dapat memberikan pengalaman langsung dalam pemecahan masalah dan menemukan solusi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi PBL dalam Kurikulum Merdeka pada anak usia dini dapat dilakukan melalui beberapa tahapan dan strategi, seperti mapping kebutuhan, sosialisasi best practices, pelatihan, dan implementasi.

Full Text:

PDF

References


Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1), 2003–2006. https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632

Anggraeni, A. R., Anugrahana, A., & Yan Ariyanti, P. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa dengan Menggunakan Bahan Alam pada Kelas 1 SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3683–3690. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5790

Bambang. (2019). Buku Penghubung.

Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377

Febrianti1, D., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Merancang Proposal Karya Ilmiah Pada Siswa Kelas Xi Kuliner 2 Di Smk Nusa Dua Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 1–10.

Imenda, E. (2017). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Kelas IV Sdn 187/1 Muara Bulian. … Project Based Learning Di Kelas Iv Sdn …, 166–178. https://repository.unja.ac.id/1523/1/ARTIKEL-A1D113036.pdf

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 14–23. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14907

Mauliddiana, S. Z. (2020). KONSEP, PENGGUNAAN, PERBANDINGAN, DAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ( Project Based Learning ). April.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Cerdas melalui bermain : Cara mengasah multiple intelligences pada anak sejak usia dini. Grasindo, 5(1), 61.

Musfiroh, Tadkirotun. (2003). Kreativitas Anak Usia Dini dan Implikasinya dalam Pendidikan. Disajikan Di Hadapan Guru-Guru Play Group Dan TK Kreatif Primagam, Di PPPG Matematika, 3–4. staffnew.uny.ac.id › upload › pengabdian › KREATIVITAS+ANAK+USIA

Nasriah. (2015). Peran Pendidik Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(80), 57–63.

Purwanti, P., & Zulkarnaen, Z. (2023). Steam-Based Loose Part Learning Media Can Build Independent Learning Early Children. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah …, 8(1), 43–57. https://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/article/view/6519

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., & ... (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal …, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633

Rifmasari, Y., Sukandar, W., & Sisrian, E. R. (2022). Implementasi Project Based Learning Dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini di TK Fadhilah Amal 5 Kota Padang. Jurnal Usia Dini, 8(1), 45. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36262

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390

Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.

Surwuy, G. S., & Harmusial, A. D. (2023). Pengembangan Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Anak. Tulisan Ilmiah Pendidikan, 12(1), 70–76.

Utomo, W. T., & Prasetyo, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Ilmiah Melalui Metode Project Based Learning Di Perguruan Tinggi. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 16. https://doi.org/10.26418/ekha.v3i1.39688




DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951

Article Metrics

Abstract view : 1090 times
PDF - 503 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : bungarampaiunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.