Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1), 2003–2006. https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157
Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632
Anggraeni, A. R., Anugrahana, A., & Yan Ariyanti, P. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa dengan Menggunakan Bahan Alam pada Kelas 1 SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3683–3690. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5790
Bambang. (2019). Buku Penghubung.
Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377
Febrianti1, D., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Merancang Proposal Karya Ilmiah Pada Siswa Kelas Xi Kuliner 2 Di Smk Nusa Dua Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 1–10.
Imenda, E. (2017). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Kelas IV Sdn 187/1 Muara Bulian. … Project Based Learning Di Kelas Iv Sdn …, 166–178. https://repository.unja.ac.id/1523/1/ARTIKEL-A1D113036.pdf
Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 14–23. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14907
Mauliddiana, S. Z. (2020). KONSEP, PENGGUNAAN, PERBANDINGAN, DAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ( Project Based Learning ). April.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Cerdas melalui bermain : Cara mengasah multiple intelligences pada anak sejak usia dini. Grasindo, 5(1), 61.
Musfiroh, Tadkirotun. (2003). Kreativitas Anak Usia Dini dan Implikasinya dalam Pendidikan. Disajikan Di Hadapan Guru-Guru Play Group Dan TK Kreatif Primagam, Di PPPG Matematika, 3–4. staffnew.uny.ac.id › upload › pengabdian › KREATIVITAS+ANAK+USIA
Nasriah. (2015). Peran Pendidik Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(80), 57–63.
Purwanti, P., & Zulkarnaen, Z. (2023). Steam-Based Loose Part Learning Media Can Build Independent Learning Early Children. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah …, 8(1), 43–57. https://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/article/view/6519
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., & ... (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal …, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Rifmasari, Y., Sukandar, W., & Sisrian, E. R. (2022). Implementasi Project Based Learning Dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini di TK Fadhilah Amal 5 Kota Padang. Jurnal Usia Dini, 8(1), 45. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36262
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.
Surwuy, G. S., & Harmusial, A. D. (2023). Pengembangan Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Anak. Tulisan Ilmiah Pendidikan, 12(1), 70–76.
Utomo, W. T., & Prasetyo, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Ilmiah Melalui Metode Project Based Learning Di Perguruan Tinggi. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 16. https://doi.org/10.26418/ekha.v3i1.39688
DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951
Article Metrics
Abstract view : 2654 timesPDF - 1232 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.