Sensory Board dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Disabilitas Tunanetra

Authors

  • Mamlu’atul Eka Maulida Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Heni Aprilya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Fanniyatul Azka Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Vivian Liftianah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Kharisma Kanjeng Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ni'matul Islamiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rismalia Olga Safitri Ziadatul Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.65973

Abstract

Tujuan artikel ini adalah menunjukkan hasil analisis dari hasil pembuatan media pembelajaran Sensory Board di SLB Dewi Sartika Sidoarjo. Dengan hasil media Sensory Board diharapkan kita bisa melihat cara pembuatan media, reaksi anak, hasil kemajuan yang didapatkan anak ketika belajar, dan upaya yang dilakukan guru serta orang tua untuk menunjang segala bentuk belajar anak berkebutuhan khusus dengan melibatkan pengembangan keterampilan dan perkembangan kognitif. Jika sudah ditemukan hasil belajar yang dilakukan anak, maka guru bisa melaporkan hasil kemajuan anak kepada orang tua, begitupun sebaliknya jika ada gangguan ketika anak diberikan stimulus maka itu juga bisa dikoordinasikan oleh orang tua agar mereka mengetahui perkembangan yang harus diberikan stimulus. Karena sesungguhnya tidak ada perbedaan antara anak berkebutuhan khusus dengan anak normal ketika dimasukkan ke lembaga sekolah, mereka harus tetap bisa belajar dengan optimal dan guru juga harus mengupayakan untuk bisa mencerdaskan anak dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak meskipun anak tersebut masih memerlukan perhatian yang khusus.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles