Pelatihan Penerapan Pembelajaran STEAM dengan Loose Part pada Anak Usia Dini di TK Pembina Bacan, Halmahera Selatan

Authors

  • Nurfitri Sahidun IAIN Ternate
  • Puji Dwi Rahayu IAIN Ternate
  • Haryati IAIN Ternate
  • Irma Dewi Sartika IAIN Ternate

DOI:

https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.65977

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi dengan kegiatan pembelajaran pada anak usia dini di TK Pembina Bacan yang kurang memanfaatkan media loose part untuk menstimulasi perkembangan anak usia dini. Selain itu, kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran STEAM. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih guru agar memiliki pemahaman terhadap penerapan pembelajaran STEAM untuk anak usia dini dan pemahaman terhadap kebutuhan anak akan berbagai macam permainan edukatif dengan media loose part. Pengabdian ini dilakukan selama dua hari, yaitu 27 Juni dan 28 Juni 2024. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini ialah FGD (Focus Group Discussion) yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan penerapan pembelajaran STEAM dengan media loose part. Hasil yang diperoleh setelah kegiatan ini ialah meningkatnya pemahaman guru terhadap pembelajaran STEAM untuk anak usia dini dan meningkatnya pemahaman guru terhadap kebutuhan anak akan permainan dengan media loose part untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles