Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini yang Meaningful, Mindful, dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.65978Abstract
Deep learning meliputi meaningful learning, mindful learning, dan joyful learning dalam konteks pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat diadaptasi dan diimplementasikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang optimal bagi anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber yang relevan, termasuk penelitian tentang deep learning, psikologi perkembangan anak, dan pedagogi PAUD. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun terminologi teknis deep learning mungkin tidak diterapkan secara eksplisit di PAUD, esensi dari pembelajaran bermakna, sadar, dan menyenangkan sangat penting untuk perkembangan holistik anak. Pembahasan difokuskan pada bagaimana setiap prinsip dapat diwujudkan dalam praktik pembelajaran PAUD, misalnya melalui kegiatan yang menghubungkan pembelajaran dengan pengalaman konkret anak, melatih fokus dan konsentrasi, serta menciptakan lingkungan belajar yang positif dan suportif. Kesimpulannya, integrasi prinsip-prinsip deep learning dalam PAUD dapat meletakkan fondasi yang kuat bagi kecintaan anak terhadap belajar sepanjang hayat dan mempersiapkan mereka untuk jenjang pendidikan selanjutnya.Downloads
Published
2024-12-30
Issue
Section
Articles