PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2015/2016

Apri Tivani Maduwu, Juniar Hutahaean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa Kelas X Semester II pada materi pokok Suhu dan Kalor SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat. Penarikan sampel dengan cluster random samplingyaituX MIA-3 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran  Model Problem Based Learning sedangkan kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes uraian berjumlah 10 soal. Data penelitian yaitu dalam bentuk hasil belajar. Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen adalah 28,4 dan kelas kontrol adalah 23,1. Dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 69,3 dan kelas kontrol 39,5. Hasil uji pretes kedua sampel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan menggunakan model Problem Based Learning, kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga terbukti ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II pada materi pokok Suhu dan Kalor SMA N 1 Stabat T.P 2015/2016.


Keywords


Problem Based Learning; Konvensional;Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I., (2008), Learning to Teach (Belajar

untuk Mengajar),Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Balitbang.,(2011). Survei Internasional TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study).[Online] http://litbang.kemdikbud.go.id/-detail.php?id=214, diakses 23 Januari 2016

Hidayat,K.,Kade,A.,Haeruddin., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Menggunakan Bahan Ajar Berbasis E-Materi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X SMA N 1 Boromaru, Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol.1 No.3.

Rusman., (2012), Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta

Siswati,H.A.,Sunarno,W.,Suparmi., (2012), Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Diskusi dan Eksperimen Ditinjau dari kemampuan Verbal dan Gaya Belajar, Jurnal Inkuiri Vol 1, No2, 2012 (hal 132-141)

Trianto., (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep Landasan dan Implementasinya, Kencana, Jakarta

Wardhani,K.,Sunarno,W., dan Suparmi., (2012), Pembelajaran Fisika dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Multimedia dan Modul ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Verbal Siswa, Jurnal Inkuiri Vol 1, N0 2, 2012 (hal 163-169).




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i1.10720

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter