PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TEKNIK POLYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA II

Yul Ifda Tanjung

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik Polya terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah Fisika Matematika II. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah teknik Polya dan pada kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes uraian berbentuk masalah dengan pedoman penskoran teknik Polya, dan instrumen observasi aktivitas mahasiswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan pengujian hipotesis uji t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah teknik Polya terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah Fisika Matematika II.

Keywords


Teknik Polya;Hasil belajar fisika

Full Text:

PDF

References


Adiyatmaningsih, Ni Pt Harini,dkk, (2014), Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesha, Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD Gugus III Gianyar, vol: 2 No: 1 Tahun 2014

Arends. R. I. 2008. Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Terjemahan oleh Helly Prajitno & Sri Mulyantini. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mundilarto (2002). Kemampuan mahasiswa dalam menggunakan pendekatan analitis kuantitatif dalam memecahkan soal-soal Fisika . Yogyakarta: FMIPA UNY

Noordin, M.K., Nasir, A.N., Ali, D.F., &Nordin, M.S. 2011. Problem-Based Learning (PBL) and Project-Based Learning (PjBL) in Engineering Education: A Comparison. Kuala Lumpur: Proceedings of the IETEC’11 Conference. (Online).(http://www.ietec-conference.com/ietec11/Conference %20Proceedings/ietec/papers/Conference%20Papers%20Refereed/Tuesday/TP2/TP2.3_19.pdf, diaksespadatanggal 9 Desember 2013).

Polya, G. (1985). How To Solve It. 2nd ed., Princeton University Press, ISBN 0-691-08097-6. (online). Tersedia : http://www.math.utah.edu/~pa /math/polya..html [20 Nopember 2013]

Reif, Frederick. (1994). “Understanding and Teaching Important Scientific thought Processes”. American Journal of Physics 44 . (3), 212.

Selcuk, S, G., Caliskan, S., Erol, M. (2008). The Effects of Problem Solving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use. Lat. Am. J. Phys. Educ, 2 (3) : 151-166. Tersedia : http://www.journal.lapen.org.mx [29 Nopember 2013]

Trianto, (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i2.10808

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter